Kodam 12 Tanjungpura Siap Bantu Pemerintah Tanggulangi KARHUTLA

Dilansir dari Antara Kalbar, Kepala Staf Kodam 12/Tanjungpura, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama mengatakan pihaknya siap membantu pemerintah dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Provinsi Kalimantan Barat.

Ia mengatakan, terkait hal itu Kodam 12 Tanjungpura juga telah melaksanakan Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru. Sedangkan untuk mengoptimalkan pencegahan dan penanggulangan karhutla, Kodam 12 Tanjungpura juga telah membentuk Satgas Huma terdiri dari para relawan yang tersebar di desa-desa.

Menurut dia, pihaknya melibatkan sebanyak 7.383 anggota dalam Satgas Huma guna mencegah dan mengantisipasi karhutla di wilayah Kalbar dan Kalteng, diantaranya sebanyak 6.481 orang di Kalbar, dan di Kalteng sebanyak 902 orang.

Anggota Satgas Huma ini adalah murni dari relawan-relawan di desa, yang tugasnya membantu masyarakat desa dalam membuka ladang atau huma.

Ia menjelaskan, Satgas Huma ini sudah dilatih dan sudah dibekali cara membuka lahan tanpa membakar.

Sementara itu, bagi masyarakat yang tetap membuka lahan dengan cara membakar maka tetap dilakukan pendampingan. Tapi bagi masyarakat yang sudah mau merubah pola menanam atau membuka lahan tanpa membakar maka Satgas Huma ini juga tetap bertugas membantu masyarakat di desa tersebut.

Recent Posts