FOTISMINI: Taylor Swift

Taylor Swift menjadi Fokus Artis Minggu Ini di Radio Volare, berkat lagunya, Anti-Hero yang jadi #1 pekan lalu di Volare Number One Sound.

Taylor Swift kembali mendulang kesuksesan lewat single Anti-Hero, meraih posisi puncak di Volare #1 Sound dan menjadi Fokus Artis Minggu Ini Radio Volare!

Taylor Alison Swift atau yang kita kenal dengan nama panggung Taylor Swift adalah seorang penyanyi-penulis lagu asal Amerika Serikat. Penulisan lagu naratifnya, yang sering berpusat di sekitar kehidupan pribadinya, telah menerima pujian kritis dan liputan media yang luas. Lahir di West Reading, Pennsylvania, Taylor pindah ke Nashville, Tennessee pada usia 14 tahun untuk mengejar kariernya di musik country.

Album studio debut Taylor yang berjudul Taylor Swift, dirilis 24 Oktober 2006, merupakan album tahun 2000-an terlama yang berada di Billboard 200. Single ketiga album, “Our Song”, menjadikan Taylor sebagai penyanyi termuda yang menulis sendiri dan membawakan sebuah lagu nomor satu di tangga lagu Billboard Hot Country Songs.
Album studio kedua Taylor, Fearless, dirilis 11 November 2008, mengusung gaya country pop dan memenangkan Grammy Awards sebagai Album of the Year.

Speak Now, album studio ketiga Taylor Swift yang dirilis pada 25 Oktober 2010, percampuran country pop dengan perpaduan rock dan menghasilkan single-single 10 besar yaitu “Mine” dan “Back to December”.
Album studio keempat, Red, dirilis pada 22 Oktober 2012, bereksperimen dengan aliran pop, rock, dan elektronik. Album ini menghasilkan single-single lima besar, “We Are Never Ever Getting Back Together”, yang juga menjadi lagu nomor satu pertama Taylor di Billboard Hot 100.

Dengan album studio kelimanya, 1989, yang dirilis pada 27 Oktober 2014, Taylor Swift mengumumkan transisi penuhnya ke dalam genre pop. Rekaman pop ini membuat Taylor menjadi artis solo wanita pertama yang memenangkan Grammy Award kategori Album of the Year sebanyak dua kali dan menghasilkan tiga lagu nomor satu di Billboard Hot 100—”Shake It Off”, “Blank Space”, dan “Bad Blood”.
Taylor kembali memasukkan bunyi pop-elektronik dalam dua album studionya yang berikutnya: Reputation (2017), yang menggabungkan elemen dari hip hop dan menghasilkan single nomor satu di Billboard Hot 100, “Look What You Made Me Do”, kemudian Lover (2019), yang merupakan album terlaris di dunia tahun 2019.

Album studio kedelapan Taylor Swift yang beraliran indie folk dan rock alternatif, Folklore, rilis pada 24 Juli 2020, dengan single utama, “Cardigan”, membuat Taylor menjadi artis pertama yang memuncaki Billboard 200 dan Hot 100 secara bersamaan. Taylor mengulang lagi kesuksesan dengan merilis Album studio kesembilan masih dengan indie folk dan rock alternatif, Evermore pada 11 Desember 2020, dengan hits no.1 “Willow”.

Pada 21 Oktober 2022, Taylor Swift akhirnya merilis album kesepuluhnya, Midnights, yang menandai kembalinya ke genre pop, dan memecahkan sejarah baru menjadi satu-satunya artis wanita dengan debut streaming hari pertama, dan pekan pertama terbanyak sepanjang masa sejarah Spotify. Taylor juga menjadi satu-satunya artis wanita yang 10 lagunya debut dalam Billboard Hot 100 dalam satu waktu, dengan hits No.1 nya Anti-Hero. 
Secara keseluruhan, Taylor Swift telah merilis 10 album studio, 2 album studio rekaman ulang, 4 album mini, 3 album live, dan 19 single non album lainnya.

Simak FOTISMINI secara live di Radio Volare setiap Sabtu, pukul 2 siang. Setel di 103.4 FM atau streaming di volarefm.com.

Untuk tahu lebih banyak lagu-lagu Taylor Swift, cek playlist berikut:

Recent Posts