FOTISMINI: SZA

SZA menjadi Fokus Artis Minggu Ini di Radio Volare, berkat lagunya, Shirt yang jadi #1 pekan lalu di Volare Number One Sound.

Shirt, single dari SZA telah bertahan selama 8 pekan di tangga lagu Volare #1 Sound dan akhirnya berhasil mencapai posisi teratas di sana.

Solána Imani Rowe atau lebih dikenal dengan SZA merupakan penyanyi R&B asal Amerika Serikat. Ia lahir di Saint Louis, Missouri, lalu berpindah ke Maplewood, New Jersey. SZA memiliki saudara tiri yang lebih tua bernama Tiffany Daniels, dan seorang kakak lelaki, Daniel, seorang rapper terkenal di Manhattan. 

SZA sempat bersekolah di Columbia High School, ketika itu SZA sangat aktif dalam olahraga, termasuk senam dan pemandu sorak. 
SZA membentuk nama panggungnya dari Alfabet Tertinggi, mengambil pengaruh dari rapper RZA.

29 Oktober 2012, SZA merilis album mini debutnya See.SZA.Run. Kemudian, 10 April 2013, SZA merilis album mini keduanya, S, yang mendapat tanggapan positif dari para kritikus musik. 14 Juli 2013, Top Dawg Entertainment menandatangani kontrak dengan SZA.

Album mini ketiga SZA, Z, dirilis pada 8 April 2014 kemudian disusul dengan singel utama, “Babylon”. 
28 April 2017, SZA menandatangani kontrak rekaman label besar pertamanya dengan RCA Records. Menyusul pada 9 Juni 2017, SZA merilis album studio perdananya, Ctrl, yang menghantarkan 5 nominasi Grammy Awards untuknya.

SZA yang menjadikan Ella Fitzgerald sebagai inspirasi vokalnya ini merilis album studio kedua pada 9 Desember 2022 berjudul SOS. Album ini menjadi album pertama SZA yang berhasil mencapai posisi no. 1 di Billboard 200 dan memecah rekor album R&B yang paling banyak didengar secara streaming selama sepekan.

Untuk tahu lebih banyak lagu-lagu SZA, cek playlist berikut:

Recent Posts