FOTISMINI: Phoenix

Phoenix menjadi Fokus Artis Minggu Ini di Radio Volare, berkat lagunya, Tonight yang jadi #1 pekan lalu di Volare Number One Sound.

Phoenix feat. Ezra Koenig telah memuncaki tangga lagu Volare #1 Sound edisi pekan lalu dengan lagu Tonight mereka.
Sepekan ini Volare dedikasikan untuk Phoenix dengan menjadikan mereka sebagai Fokus Artis Minggu Ini.

Phoenix adalah sebuah band pop rock Perancis dari Versailles (vuh·sai), yang terdiri dari Thomas Mars (vokal utama), Deck d’Arcy (bass/keyboard/backing vokal), Christian Mazzalai (gitar/backing vokal) dan Laurent Brancowitz (gitar/keyboard/vokal latar).
Phoenix dibentuk pada tahun 1990-an ketika vokalis Thomas Mars, bassis Deck d’Arcy, dan gitaris Chris Mazzalai, yang semuanya berteman di sekolah, mulai bermain bersama sebagai “garage band” yang kumpul di rumah Mars di pinggiran kota Paris. Pada tahun 1995, Laurent Brancowitz, kakak laki-laki Mazzalai, secara permanen bergabung pada posisi gitaris.

1997, band ini mengambil nama Phoenix dan mencetak 500 eksemplar single melalui label mereka sendiri, Ghettoblaster. Tak lama setelah itu, mereka menandatangani kontrak dengan Source Records yang berbasis di Paris. Mereka mengusung lagu-lagu dengan genre electronic, rockpop dan rocksynth-pop.

Phoenix telah merilis tujuh album studio, dua album mini, satu album live, dua puluh tiga single, dan sembilan belas video musik. Tiga album pertama mereka, United (2000), Alphabetical (2003), dan It’s Never Been Like That (2006), dirilis melalui Source, Virgin Records, dan Astralwerks. Band ini menerima kesuksesan komersial besar setelah rilis Wolfgang Amadeus Phoenix (2009), yang dirilis melalui V2 Records, Glassnote, LoyautĂ© (loyawthi), dan Cooperative Music. “1901”, singel utama album, mendapat sertifikasi platinum di AS oleh RIAA dan “Lisztomania”, singel kedua dari album, mendapat sertifikasi emas. 

Setelah menandatangani kontrak dengan Atlantic Records, Phoenix merilis Bankrupt! (2013), yang memuncak di nomor tiga di negara asal mereka, Prancis, menjadikannya album dengan puncak tertinggi mereka di sana. Album keenam Phoenix, Ti Amo, juga sukses secara komersil.

Alpha Zulu adalah album studio ketujuh Phoenix, dirilis pada 4 November 2022 melalui LoyautĂ© dan Glassnote Records. Album Alpha Zulu ini diproduseri sendiri oleh Phoenix. Single “Identical”, “Alpha Zulu”, “Tonight”, dan “Winter Solstice” dirilis lebih dulu sebelu album dirilis. 

Simak FOTISMINI secara live di Radio Volare setiap Sabtu, pukul 2 siang. Setel di 103.4 FM atau streaming di volarefm.com.

Untuk tahu lebih banyak lagu-lagu Phoenix, cek playlist berikut:

Recent Posts