FOTISMINI: Kanye West

Ye (/jeɪ/ YAY) atau kita kenal dengan nama lahirnya, Kanye Omari West (/ˈkɑːnjeɪ/ kahn-YAY), adalah seorang rapper, produser rekaman, dan perancang busana Amerika. Kanye menjadi salah satu rapper paling berpengaruh sepanjang masa. Lahir di Atlanta dan dibesarkan di Chicago, Kanye memperoleh pengakuan sebagai produser untuk Roc-A-Fella Records pada awal 2000-an, memproduksi singel untuk beberapa artis dan mengembangkan gaya pengambilan sampel ala “chipmunk soul”.

Kanye aktif di dunia musik sejak tahun 1996, sampai saat ini Kanye telah merilis sepuluh album studio, dua album studio kolaboratif, satu album kompilasi, dua album live, satu album video, dan empat mixtape. West telah menjual 21 juta album dan 100 juta unduhan digital di seluruh dunia. Semua sepuluh album studionya telah disertifikasi minimal sertifikat emas di Amerika Serikat. Tahukah Bujang Dare? Kanye termasuk salah satu artis musik dengan sertifikasi tertinggi di Amerika Serikat.

Donda, album studio kesepuluh oleh Kanye West yang dirilis melalui GOOD Music pada 29 Agustus 2021, dan didistribusikan oleh Def Jam Recordings. Donda masuk nominasi untuk Album of the Year dan Best Rap Album di Grammy Awards ke-64, sementara “Jail” dan “Hurricane” masing-masing dinominasikan untuk Best Rap Song dan Best Melodic Rap Performance. “Life of the Party”, satu lagu dari Kanye West dan André 3000 yang tadinya masuk album studio kesepuluh West, Donda, tetapi batal karena André 3000 tidak menyetujui syairnya diedit ke clean version. Akhirnya, lagu ini dirilis pada November 2021 dalam versi deluxe Donda, dan versi eksplisit sebagai single.

Recent Posts