FOTISMINI 15/05/2021

Grace Avery VanderWaal (lahir 15 Januari 2004) adalah seorang penyanyi-penulis lagu Amerika. Ia dikenal karena vokalnya yang khas, sering kali diiringi dengan permainan ukulele. VanderWaal memulai karier musiknya dengan memposting video-video lagu kover maupun ciptaannya sendiri di YouTube. Ia juga sering tampil di malam open mike (sebuah pertunjukan live yang para anggota pendengar boleh tampil. Biasanya, para penampil mendaftar dahulu untuk slot waktu dengan host atau MC.) di dekat kota asalnya, Suffern, New York.

Pada September 2016, saat berusia 12, ia memenangkan musim kesebelas dari acara pencarian bakat America’s Got Talent (AGT), dengan menyanyikan lagu-lagu ciptaannya. Pada Desember 2016, ia merilis mini album pertamanya, Perfectly Imperfect, dengan label rekaman Columbia Records. VanderWaal pernah tampil di Planet Hollywood Resort & Casino di Las Vegas, Madison Square Garden, pembukaan dan penutupan Olimpiade Spesial Dunia Musim Dingin 2017 di Austria, berbagai konser amal, Austin City Limits Music Festival, dan di beberapa acara televisi

Ia memenangkan Radio Disney Music Award 2017 untuk Best New Artist dan Teen Choice Award; juga masuk dalam daftar 21 Under 21 dari majalah Billboard, sebagai salah satu bintang musik muda yang sedang naik daun, selama tiga tahun berturut-turut dari 2016–2018; menerima Billboard Women in Music Rising Star Award 2017; dan menjadi orang termuda yang pernah masuk dalam daftar 30 Under 30 Music List Forbes.

Pada November 2017, VanderWaal merilis album penuh bertajuk Just the Beginning, serta melakukan tur konser pertamanya. VanderWaal juga mengikuti tur dunia Imagine Dragons pada pertengahan 2018.

Sebuah film Disney+ yang berjudul Stargirl telah dibintangi olehnya dan ia menyanyikan lagu Today and Tomorrow di dalam film tersebut. 22 November 2019, VanderWaal merilis album mini kedua berjudul Letters Vol. 1 berisikan 6 track, dirilis oleh Columbia Records. Letters Vol. 1 ini berisi lagu-lagu yang merefleksikan opini VanderWaal untuk perasaan ragu kepada diri sendiri, cinta, rasa percaya diri dan tentu saja tumbuh dewasa. Letters Vol. 1 ini disebutkan sebagai era baru bagi diri VanderWaal yang terdengar lebih matang dan dewasa.

Di bulan Maret lalu Grace VanderWaal memberi kejutan dengan menghadirkan imej rock melalui single barunya, ‘Don’t Assume What You Don’t Know’. VanderWaal yang beranjak dewasa ini sepertinya ingin menegaskan sisi rocknya tadi dengan menghadirkan single berikutnya, ‘Repeat’ tanggal 16 April lalu melalui sebuah video musiknya pula. Repeat ditulis oleh Grace bersama dengan Michael Elizondo, sedangkan video musiknya digarap oleh sutradara Clare Gillen. Dua lagu baru Grace yang ngerock ini akan masuk dalam album mini ketiganya yang akan segera dirilis, “LETTER VOL. 2,” yang rencananya akan dirilis di musim panas tahun ini. Sebenarnya album mini Letters Vol. 2 dirilis di musim semi 2020, namun ditunda gara-gara COVID-19.

Recent Posts