FOTISMINI 12/09/2020

Kylie Ann Minogue mengawali karir sebagai artis opera sabun di Australia, Neighbours (1985), yang tidak hanya sukses di Australia tapi juga di Inggris Raya. Single pertamanya, The Loco-Motion sukses di Australia yang kemudian membawanya bekerja sama dengan produser populer Stock Aitken Waterman di Inggris. Kylie telah merilis 14 album, 5 diantaranya menjadi album nomor satu di tangga album Inggris Raya. Sepanjang karirnya, Ia banyak berkolaborasi dengan musisi lain, diantaranya Jason Donovan, Nick Cave and the Bad Seeds, Enrique Iglesias, Nile Rogers, Jake Sheers, Taio Cruz, Robbie Williams.

Kylie memiliki 7 single nomor satu di Inggris Raya, raihan yang sama dengan Michael Jackson, Robbie Williams, Elton John dan George Michael. Ia juga memiliki paling tidak 1 album nomor satu di Inggris Raya sepanjang 4 dekade, 80an, 90an, 2000an dan 2010an. Penghargaan yang diraihnya seperti 1 Grammy Award, 3 Brit Awards, 17 ARIA Music Awards, 2 MTV Video Music Awards, 2 MTV Europe Music Awards, 6 Mo Awards, termasuk Australian Performer of the Year 2001 dan 2003.

Bisa dibilang, single Can’t Get You Out of My Head, menjadi single tersukses Kylie hingga kini. Single yang dirilis dari album kedelapan, Fever (2001), jadi lagu nomor satu di lebih dari 40 negara, terjual 5 juta copy. Masuk dalam daftar single terbaik 2001 oleh publikasi seperti Rolling Stone, The Guardian, dan NME. Tahukah Bujang Dare, awalnya lagu tersebut ditawarkan untuk dinyanyikan S Club 7 dan Sophie Ellis-Bextor, namun ditolaknya. Menurut penulis Cathy Davis dan Rob Davis, meski nama Kylie bukan nama pertama yang ditawarkan, namun mereka menyebut single tersebut mungkin tidak akan sesukses jika tidak dinyanyikan Kylie.

Penampilan Kylie di Festival Glastonburry 2019 menjadi kembalinya Ia di festival tersebut setelah sempat tertunda 15 tahun yang lalu. Penampilannya ditonton oleh 3,9 juta orang, mencetak rekor sebagai penampilan dengan penonton terbanyak dalam sejarah Festival Glastonburry. Saat itu juga, Kylie menyampaikan bahwa Ia ingin merilis album “pop-disco”. Iya, album kelimabelasnya diberi judul Disco, rilis pada 6 November 2020.

Album Disco diproduseri Kylie bersama Biff Stannard dan Jon Green. Demi tetap melanjutkan pengerjaan album selama pandemi Covid19, Kylie belajar produksi album dan menjadi engineer untuk vokalnya dengan menggunakan perangkat lunak seperti LogicPro. “Say Something” dirilis sebagai single pertama dan mendapat pujian positif dari kritikus musik.

Recent Posts