FOTISMINI 02/10/2021

Abel Makkonen Tesfaye, dikenal secara profesional sebagai The Weeknd, adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan produser rekaman asal Kanada. Terkenal karena suara nyanyiannya yang khas dengan vokal falsetto, Abel dianggap sebagai salah satu tokoh berpengaruh dalam musik populer kontemporer. Memulai karir musiknya pada tahun 2009 dengan merilis musik secara anonim ke YouTube, Abel mendirikan label rekaman XO pada tahun 2011, dan merilis mixtapes House of Balloons, Thursday, dan Echoes of Silence yang mendapat pujian dari kritikus musik dan ia kemudian menandatangani kontrak dengan Republic Records lalu merilis album studio debutnya, Kiss Land, pada 2013.

Abel “The Weeknd” memperoleh kesuksesan dan komersial besar dengan album studio keduanya, Beauty Behind the Madness yang rilis tahun 2015, mencapai puncak Billboard 200 AS dan didalamnya termasuk singel nomor satu Billboard Hot 100: “Can’t Feel My Face” dan “The Hills”. Album studio ketiga Abel, Starboy, rilisan 2016, mencapai kesuksesan komersial serupa dengan album studio kedua dan begitu pula dengan single berjudul sama, Starboy, di dalam album tersebut.

Pada tahun 2020, Abel The Weeknd merilis album studio keempatnya, After Hours, yang menampilkan singel pemecah rekor chart dunia “Blinding Lights”, dan singel nomor satu “Heartless” dan “Save Your Tears”. Di tahun 2020 ini pula Abel masuk daftar dari majalah Time sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia.

“Take My Breath” dirilis pada 6 Agustus 2021, sebagai singel utama dari album studio kelima The Weeknd yang akan datang dan kabarnya akan ada kata Dawn di dalam judul albumnya nanti. “Take My Breath” mendapat pujian dari kritikus musik untuk vokal The Weeknd, produksi, ketukan dan synth era 80-an.

Recent Posts