Salju, program kesehatan Kabupaten Kubu Raya Antisipasi KARHUTLA

Dilansir dari Antara Kalbar, Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya menyiagakan seluruh layanan kesehatan yang ada untuk menangani pasien yang menderita infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA akibat kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Marijandi menjelaskan, untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang terkena ISPA dan penyakit menular lainnya, pihaknya melakukan pemantauan dengan program layanan kesehatan jemput bola bernama Salju atau Selasa-Jumat.

Melalui program Salju tersebut, pada hari Selasa setiap Puskesmas yang ada akan memberikan layanan kesehatan keluarga kepada masyarakat dengan memfokuskan pada pelayanan ibu hamil, menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak, dan kesehatan keluarga.

Sedangkan pada hari Jumat, pelayanan kesehatan difokuskan pada penanganan penyakit menular, dimana setiap petugas kesehatan yang ada turun langsung ke lapangan untuk pemantauan dan penanganannya.

Marijan menambahkan, dengan program Salju itu juga pihaknya bisa segera melakukan langkah jika menemukan ada masyarakat yang mengalami sakit dilapangan dan upaya pencegahan penularan bisa dilakukan.

Untuk mengantisipasi penyakit ISPA, pihaknya juga sudah merinci berbagai persiapan, seperti penyediaan masker bagi petugas kesehatan, kemudian obat-obatan serta kesiapan tenaga medis.

Recent Posts