Kubu Raya sinergikan pengadaan mobil PCR COVID-19 dengan Pogram “Salju Terpadu”

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mensinergikan pengadaan mobil PCR (dibaca : pi si ar) COVID-19 dengan Program Selasa-Jumat atau Salju Terpadu yang juga menjadi prioritas di bidang kesehatan masyarakat.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, kemungkinan akhir Oktober kubu raya akan memiliki mobil PCR, sehingga bisa melakukan pemeriksaan tes usap secara mandiri.

Menurutnya, pengadaan mobil PCR ini merupakan suatu kebutuhan untuk jangka panjang, yang mana mobil itu tidak hanya untuk COVID-19 saja, melainkan juga mengantisipasi dan mendeteksi berbagai penyakit menular lainnya. 

Hal itu menjadi perhatiannya, agar bisa mewujudkan visi Kubu Raya bahagia dengan berbagai langkah kebijakan agar warga Kubu Raya tetap sehat, cukup gizi, tidak ada lagi ibu dan bayi meninggal saat melahirkan dan tidak ada lagi warga merasa sulit untuk berobat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan menjelaskan, dalam mengoperasikan mobil PCR ini, pihaknya akan melakukan jemput bola dan mensinergikan dengan program Salju Terpadu.

Nantinya, mobil PCR ini juga bisa dilakukan pihak puskesmas yang akan melakukan tes usap kepada warga yang memiliki gejala COVID-19 yang hasilnya diharapkan bisa diketahui pada hari itu juga.

Pihaknya juga akan membentuk tim dengan menempatkan 6 orang tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, analis, perawat dan bidan. 

Recent Posts