Kubu Raya intensifkan program Seledri dalam urusan administrasi kependudukan

Dilansir dari ANTARA Kalbar, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kubu Raya mengintensifkan pelaksanaan program layanan Selesai Dalam Sehari atau yang disingkat Seledri Terintegrasi dalam pengurusan administrasi kependudukan oleh warga setempat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kubu Raya, Nurmarini mengatakan, pihaknya akan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan secara cepat, mudah, dan gratis bagi masyarakat.

Ia menjelaskan, inovasi ini difokuskan kepada ibu yang melahirkan di fasilitas-fasilitas kesehatan, baik itu di puskesmas maupun di rumah sakit.

Ketika seorang ibu melahirkan di fasilitas-fasilitas kesehatan dan si calon anak sudah memiliki nama dan syarat serta ketentuan sudah lengkap dan benar, maka pihaknya akan memberikan tiga dokumen kependudukan sekaligus, yakni Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak, dan nama si anak secara otomatis yang sudah terdata di Kartu Keluarga.

Pihaknya berharap, dengan adanya inovasi Seledri ini akan mempercepat proses penerbitan dokumen kependudukan, sehingga orang tua tidak perlu lagi datang ke dinas untuk mengantre mendapatkan dokumen itu dan semua prosesnya tidak dipungut biaya sepeserpun atau gratis.

Melalui inovasi pelayanan publik itu, Kubu Raya mendapatkan penilaian yang baik dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemendagri sebagai kabupaten terinovatif di Kalbar.

Recent Posts