FOTISMINI: Lizzo

Lizzo menjadi Fokus Artis Minggu Ini di Radio Volare, berkat lagunya, About Damn Time yang jadi #1 pekan lalu di Volare Number One Sound.

Melissa Viviane Jefferson a.k.a Lizzo, lahir di Detroit, Michigan. Ketika dia berusia sepuluh tahun, keluarganya pindah ke Houston, Texas. Dia dilatih bermain suling oleh guru musik terkenal Claudia Momen dari usia 10 sampai dia lulus SMA Alief Elsik di Alief, Houston pada tahun 2006, ketika Lizzojuga mulai nge-rap. Pada usia 14 tahun, Lizzo membentuk grup musik bernama Cornrow Clique bersama teman-temannya dan saat itulah dia mendapat julukan “Lizzo”, dari nama “Lissa” yang terinspirasi oleh “Izzo (H.O.V.A.) nya Jay-Z”. Setelah lulus SMA, Lizzo belajar musik klasik yang berfokus pada seruling di Universitas Houston. Pada usia 21, setelah kematian ayahnya, dia tinggal di luar mobilnya selama satu tahun sembari mencoba masuk ke industri musik. Dia pun pindah ke Minneapolis, Minnesota pada tahun 2011 dan memulai karir rekamannya di musik hip hop.

Hingga saat ini, Lizzo telah merilis 3 album studio, 2 album kompilasi, 2 album mini, 23 single, dan 1 single promosi. Sebelum menandatangani kontrak dengan Atlantic Records, ia merilis 2 album studio—Lizzobangers pada 15 Oktober 2013 bersama label Totally Gross National Product dan Big Grrrl Small World pada 11 Desember 2015 bersama labelnya sendiri, BGSW. Album studio ketiga Lizzo, Cuz I Love You dirilis pada 19 April 2019 bersama label Nice Life & Atlantic Records.

Lizzo sudah meraih banyak nominasi dan penghargaan. Pada tahun 2014, Time menamai Lizzo sebagai salah satu dari 14 artis musik yang harus ditonton. Kemudian beberapa diantaranya lagi adalah 3 Grammy Awards, 2 Soul Train Music Awards, Billboard Music Award, BET Award, dan Guinness World Record. Pada Grammy Award ke-62, Lizzo menerima 8 nominasi, terbanyak untuk artis mana pun tahun itu, termasuk untuk Album Tahun Ini untuk versi deluxe Cuz I Love You, Record of the Year dan Song of the Year untuk “Truth Hurts”, memenangkan kategori Best Urban Contemporary Album, Best Traditional R&B Performance untuk “Jerome” dan Best Pop Solo Performance.

Single About Damn Time Lizzo rilis pada 14 April 2022, sebagai single utama dari album studio keempatnya yang kabarnya akan dirilis pada 15 Juli 2020 nanti, berjudul Special. About Damn Time sendiri saat ini telah memuncak di nomor empat di Billboard Hot 100 dan mencapai tiga besar di Australia, Kanada, Irlandia, Selandia Baru, dan Inggris.  Single kedua dari upcoming album Lizzo juga sudah dirilis 10 Juni 2022 kemarin, berjudul Grrrls, lagu yang tentang perempuan yang saling berbagi cinta dan kekuatan satu sama lain dengan ketukan poppy yang mirip dengan hitnya “Truth Hurts”.

Untuk tahu lebih banyak lagu-lagu Lizzo, cek playlist berikut:

Recent Posts