FOTISMINI: Danilla

Danilla Jelita Poetri Riyadi atau yang lebih dikenal dengan Danilla Riyadi adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan aktris asal Jakarta. Ia berasal dari keluarga yang dekat dengan dunia musik; ibunya, Ika Ratih Poespa, adalah penyanyi jazz, sedangkan pamannya adalah musisi ternama Dian Pramana Poetra. Di rumahnya sering diputar musik klasik, keroncong, lagu-lagu bossa nova oleh João Gilberto, serta musisi jazz seperti Billie Holiday, Diana Krall dan Fourplay.

Tahukah Bujang Dare, saat Danilla berusia 17 tahun, ia ditawari kesempatan untuk membuat album solo. Tawaran itu datang dari Richard Buntario, sutradara ternama yang juga kenalan pamannya Danilla. Rencananya, Danilla akan merekam album musik pop, dengan membawakan kembali lagu-lagu yang sudah populer seperti yang dilakukan oleh penyanyi asal Filipina, Sabrina. Namun rencana itu batal, karena Danilla merasa itu tidak sesuai dengan keinginannya.

Danilla telah merekam lagu untuk tiga album studio dan satu album mini. Album perdananya berjudul Telisik dirilis pada 3 Maret 2014 melalui label rekaman Orion dan Demajors. Danilla merilis album studio keduanya yang berjudul Lintasan Waktu pada 31 Agustus 2017. Album mini pertama Danilla yang digarap sendiri berjudul Fingers dirilis pada 30 September 2019. Terbaru, Danilla merilis album ketiga yang bertajuk Pop Seblay pada 22 Februari 2022 lalu.

Danilla juga pernah berkontribusi dalam mengisi soundtrack untuk beberapa film lokal Indonesia.

Selain merilis musik secara solo, Danilla juga terlibat dalam trio musik Daramuda bersama Rara Sekar dan Sandrayati Fay, hingga bubarnya kolaborasi mereka di tahun 2020.

Single perdana Danilla, MPV, dari album studio ketiganya yang berjudul Pop Seblay, sempat dikira salah ketik. Karena biasanya kita mengenal MVP dari Most Valuable Player. Jadi, apa singkatan dari MPV? Danilla akan menjawab most paluable vlayer. Ibarat tim olahraga, lagu “MPV” diibaratkan sebagai lagu yang yang paling menentukan keberhasilan pertandingan. Setelah lagu MVP selesai, bermunculanlah inspirasi lagu lainnya. Lagu MPV ini menjadi ungkapan rasa jengah Danilla terhadap ekspektasi penggemarnya yang dirasa belum bisa move on dari album lamanya dan juga untuk meluapkan rasa rindu Danilla pada teman-teman band-nya. Maka lahirlah lagu “MPV” yang rilis pada Senin, 3 Januari 2022 lalu.

Recent Posts