FOTISMINI 29/08/2020

Rasa bosan ternyata bisa jadi alasan dibentuknya band, Widowspeak, misalnya. Band asal New York, Amerika Serikat, dibentuk setelah Michael Stasiak (drum), Molly Hamilton (gitar, vokal), dan Robert Earl Thomas (gitar), yang sama-sama baru pindah ke New York, AS. Album pertama Widowspeak (2011), mendapat pujian positif dari kritikus musik juga diulas di blog-blog musik. Single di album tersebut, Harsh Realms, menjadi soundtrack seri televisi populer, American Horror Story.

Widowspeak telah merilis 5 album, Widowspeak (2011), Almanac (2013), All Yours (2015), Expect the Best (2015), dan terbaru Plum (2020). Widowspeak juga pernah merilis 1 EP, The Swamps (2012).

Saat ini, Widowspeak beranggotakan 2 orang saja, Molly Hamilton daj Robert Earl Thomas. Oleh Fuse TV, Widowspeak disebut sebagai 30 Must See Acts at SXSW (South by South West) 2013.

Album Plum, diproduseri Sam Evian (produser Cass McCombs, Kazu Makino, Hannah Cohen). Mixing dikerjakan oleh Ali Chant (pernah bekerja sama dengan PJ Harvey, Aldous Harding, Perfume Genius). Album ini dikerjakan Molly bersama Robert terinspirasi dari komposer Terry Riley juga tekanan dari pekerjaan harian yang disebut Molly dan Robert cukup membuatnya jenuh.

Single Money, menjadi single kedua dari album Plum. Video klipnya menghadirkan cuplikan pekerja di industri seperti pertanian, pertambangan, energi, kehutanan. Dalam liriknya, Widowspeak juga menunjukkan bagaimana kapitalis membuat kita melihat segalanya berharga, bahwa sampai sekarang kita belum berupaya untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

Recent Posts