FOTISMINI 28/08/2021

Tahun 2016 di Jatinangor, Sumedang, Baskara Rizqullah, mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) angkatan 2014, sedang mempersiapkan tempatnya di panggung hip hop Indonesia. Baskara ini kemudian memakai nama Basboi sebagai nama panggungnya. Night Drive dirilisnya sebagai single perdana pada tahun 2019 dan menjadi satu dari 5 lagu di dalam album mini perdana Basboi berjudul “Fresh Graduate”.

Basboi bukan “anak kemarin sore” soal musik hip hop. Dia sudah suka dengan rap dan hip hop sejak masih SMP, tepatnya sejak 2008.
Basboi mulai suka rap tuh gara-gara Red Hot Chilli Peppers (RHCP), karena lagu-lagu mereka beberapa ada yang bagian nge-rap dan dari situlah dia termotivasi untuk hafalkan liriknya dan ikutan nyanyi yang cepat ala rap itu.
Basboi juga suka dengan puisi dan jadi salah satu alasan dia suka musik rap dan hip hop, karena bagi Basboi bermusik dengan puisi sepadat itu cuma bisa dia temukan di rap.

Berawal dari lagu-lagu Red Hot Chilli Peppers, Baskara kemudian mulai menelusuri musik-musik rap dan “bertemu” dengan rapper-rapper yang mempengaruhi musiknya. Adalah Kendrick Lamar, J Cole dan A$AP Rocky yang disebutnya sebagai tiga rapper yang paling mempengaruhi musiknya.

Selama di atas panggung, Baskara memilih nama Basboi sebagai alter-ego-nya. Basboi adalah nama yang diberikan teman-temannya di kampus semasa dia masih jadi mahasiswa baru. Tapi sebenarnya nama Basboi yang sekarang dipakai bukan nama yang dia inginkan. Awalnya dia pengennya Basboy pake ‘y’, tapi gara-gara waktu dia mau bikin akun Instagram, username Basboy sudah ada, jadi akhirnya dia ganti dengan Basboi pake ‘i’ aja dah.

‘Adulting For Dummies’ adalah album studio perdana hip-hop dan rap Basboi yang berkonsep naratif tunggal: “realitas masa dewasa” seorang Basboi.
Di dalam Adulting For Dummies juga menampilkan beberapa kolaborasi Basboi dengan sesama musisi Indonesia seperti A. Nayaka, Mouzect, Mohammed Kamga, dan Matter Mos. Album ini juga berisi versi remaster dari single 2020 ‘Make Me Proud’ serta ‘Happy Birthday’.
Single jagoan album studio perdana Basboi ini adalah single ‘Bismillah’ yang terinspirasi dari musik gospel barat.

Recent Posts

Teruntuk wakil rakyat terhormat
Lihat hamparan harapan berkarat
Hutan lautan diperkosa sekarat

Preambule (The Brandals, 2022)