FOTISMINI 24/04/2021

Billie Marten, Fokus Artis Minggu Ini Radio Volare setelah bertahan 8 pekan di tangga lagu Volare #1 Sound dan berhasil duduk di posisi puncak pada edisi 18 April 2021 lalu.

Isabella Sophie Tweddle adalah nama asli dari Billie Twiddie atau lebih kita kenal sekarang dengan Billie Marten yang lahir 21 tahun lalu di Kota Ripon, wilayah Yorkshire Utara, Inggris Raya. Billie mulai bermain bernyanyi dan bermain gitar ketika berusia sekitar tujuh atau delapan tahun, lalu mulai menulis lagu pula. Pada usia sembilan tahun, Billie sudah punya saluran YouTube sendiri. Billie mengunggah video dia menyanyikan ulang lagu-lagu pop. Ketika berusia dua belas tahun, Billie melakukan beberapa sesi musik untuk saluran YouTube lokal Inggris bernama Ont ‘Sofa. Salah satu lagu yang Billie nyanyikan adalah versi cover dari “Middle of the Bed” dari penyanyi Lucy Rose dan segera ditonton ribuan penonton.

Mei 2014, tepat sebelum ulang tahunnya yang kelima belas, Billie merilis single “Ribbon” melalui program kurasi brand fashion ternama Inggris, Burberry. Billie menulis singlenya bersama Fiona Bevan di tahun 2013. Fiona Bevan adalah penyanyi dan penulis lagu Inggris yang menulis lagu hits Little Things bersama Ed Sheeran untuk One Direction hingga meraih BMI Award. Juni 2014, Billie merilis album mini perdananya berjudul Ribbon. Agustus 2014, Billie semakin dikenal luas dengan bermain di panggung BBC Introducing pada festival musik tahunan, Reading Festival.

Januari 2015, Billie menandatangani kontrak dengan Chess Club Records, sebuah divisi dari Sony Music dan label rekaman RCA Records. Billie merilis single “Heavy Weather” pada April 2015 yang ditayangkan perdana di acara BBC Radio 1 yang dibawakan oleh Huw Stephens. Versi vinyl 7″ “Heavy Weather” dirilis Mei 2015 dengan side B berisikan cover lagu “Out of the Black” dari Royal Blood. Billie merilis single “Bird” pada September 2015. Billie menulis Bird ini bersama Olivia Broadfield, dan menurutnya, lagu Bird adalah tentang “bagaimana kata-kata benar-benar dapat mempengaruhi orang, tidak selalu untuk alasan yang benar”. Tur perdana Billie dilakukannya pada Oktober 2015 sebagai artis pendukung untuk Lucy Rose.

Billie merilis album mini keduanya, As Long As, pada 13 November 2015 dan pada bulan itu pula Billie dinominasikan untuk BBC Sounds of 2016. Single Bird masuk ke dalam album mini As Long As ini.
Album studio perdana Billie berjudul Writing of Blues and Yellows dirilis pada 23 September 2016 bersama label RCA dalam format: CD, vinyl, digital download berisikan 18 track.
2018, single Blue Sea, Red Sea dari Billie rilis dan menjadi lagu unggulan di BBC Radio 1 yang disiarkan oleh Annie Mac ketika itu. Siaran itu, terjadi hanya setahun setelah Billie didiagnosis menderita Seasonal Affective Disorder (SAD) parah, yaitu jenis depresi yang disebabkan oleh perubahan musim, terutama di musim dingin, dan diperkirakan menyerang satu dari 15 orang di Inggris ketika itu. Kondisi depresi itu menginspirasi single Blue Sea, Red Sea. Ditahun 2018, Billie juga merilis satu lagu lain, Mice.

Feeding Seahorses by Hand, album studio kedua Billie dirilis pada 26 April 2019 melalui label RCA dalam format CD, vinyl, digital download berisikan 12 track, salah satunya single Betsy ini

Flora Fauna, album studio ketiga Billie akan rilis 21 Mei 2021 mendatang dibawah label Fiction dalam format CD, vinyl, digital download, dikabarkan akan ada 10 track didalamnya. Peluncuran album ini BIllie diawali dengan rilisnya single Garden of Eden pada Januari 2021 lalu. Disusul dengan rilis single Creature of Mine pada 6 April 2021 lalu.

Recent Posts