FOTISMINI 22/08/2020

Trio asal Chesire, Inggris, beranggotakan Jimi Goodwin (vokal, bass), Andy Williams (drum, vokal), dan Jez Williams (gitar, vokal). Sebelum Doves, ketiga personil ini membentuk proyek musik dance dan house, Sub Sub. Sempat merilis 1 album dan sukses dengan single Ain’t No Love (Ain’t No Use) yang menjadi lagu nomor tiga di Inggris Raya pada 1993. Namun, karena tidak bisa mengulangi kesuksesan yang sama di single berikutnya, mereka mencoba mencari arah musik baru. Ditambah musibah kebakaran yang menghanguskan studio rekaman, berikut peralatan dan materi rekaman. Maka sejak 1998, Jimi, Jez dan Andy sepakat membentuk Doves.

Doves telah merilis 4 album, Lost Souls (2000), The Last Broadcast (2002), Some Cities (2005) dan Kingdom of Rust (2009). 2 album diantaranya, The Last Broadcast dan Some Cities menjadi album nomor satu di Inggris Raya, juga dinominasikan sebagai Album of the Year di Mercury Music Prize.

Sebelum vokal diisi oleh Jimi, band sempat akan mengadakan audisi untuk mencari vokalis band. Meski vokal didominasi Jimi, baik Andy dan Jez juga beberapa kali mengisi vokal di lagu-lagu Doves. Meski dapat mengerjakan album sendiri, sebagai penulis lagu, arranger dan produser, dalam rilisan albumnya, Doves juga ada bekerja sama dengan produser seperti Steve Osborne, Max Heyes, Ben Hilier, Dan Austin, John Leckie.

Sampai di album Kingdom of Rust, Doves merasa sudah saatnya istirahat dari rutinitas sebagai musisi. Jimi, mengerjakan proyek musik solonya dengan merilis album Odludek. Sedangkan Andy dan Jez, membentuk Black Rivers dan merilis album, Black Rivers. Pada Desember 2018, Doves mengumumkan bahwa mereka akan reuni dan penampilan perdana mereka di Royal Albert Hall untuk acara Teenage Cancer Trust pada Maret 2019. Sambutan yang hangat akan kembalinya Doves ditambah jadwal gigs, semakin menguatkan publikasi dan penggemar, bahwa Doves akan merilis album baru.

Single Carousels menjadi debut bagi Doves setelah 10 tahun rehat. Lagu ini menghadirkan sampel drum dari legenda dan pionir musik Afrobeat, Tony Allen. Andy dan Jez memiliki demo lagu ini sejak 2017. Kemudian dikerjakan kembali oleh Andy saat berlibur ke Porto, Portugal. Diproduseri oleh Doves, arranger oleh Dan Austin dan mixing oleh Craig Silvey. Carousels akan hadir di album kelima, The Universal Want yang dirilis pada 11 September 2020.

Recent Posts