FOTISMINI 20/06/2020

The Killers, band asal Las Vegas, Amerika Serikat, dibentuk pada 2001 oleh Brandon Flowers (vokal) dan Dave Keuning (gitar). Formasi band dilengkapi Mark Stoermer (bass) dan Ronnie Vannucci, Jr. (drum) pada 2002. The Killers telah merilis 5 album, Hot Fuss (2004), Sam’s Town (2006), Day & Age (2008), Battle Born (2012) dan Wonderful Wonderful (2017). Juga 1 album kompilasi side B, Sawdust (2007), 1 album live, Live from the Royal Albert Hall (2009), 1 album greatest hits, Direct Hits (2013) dan 1 album kompilasi Natal, Don’t Waste Your Wishes (2016).

Nama band diambil dari nama band fiksi yang ada di video klip Crystal dari New Order. Meski berasal dari Las Vegas, AS, nyatanya The Killers lebih dulu mendapat kontrak label rekaman dari Inggris, yaitu label independen London, Lizzard King Record. Padahal the Killers sudah mengirim demo ke label-label rekaman di AS. Menariknya, pihak label Lizzard King Record hanya mendengarkan 5 demo lagu, belum bertemu langsung dengan band, namun dengan cepat merekrut mereka untuk bergabung.

The Killers, salah satu band rock terbesar, tersukses di abad 21. Mereka adalah satu-satunya band internasional yang kelima albumnya menjadi album nomor satu di Inggris Raya. Dinominasikan di 7 Grammy Awards, 7 Brit Awards dan 24 NME Award. Soal tampil di atas panggung, mereka terbilang rajin dan telah tampil di lebih dari 50 negara tersebar di 6 benua. Juga menjadi artis utama di venue musik besar seperti Madison Square Garden, Wembley Stadium dan Glastonburry.

Di album kelima, Wonderful Wonderful (2017), diakui gitaris, Dave, bahwa ia tidak terlibat begitu banyak selama proses produksi. Ia memutuskan rehat untuk mengerjakan proyek musik lain. Meski demikian, Dave tetap menjadi personil dan band akan sangat terbuka jika Dave bergabung kembali. Selain itu, bassis, Mark sempat mengalami gangguan pendengaran akibat kecelakaan saat tur, yang membuatnya akan sedikit lebih jarang tampil bersama band kedepannya.

Pengerjaan album Imploding the Mirage, album keenam The Killers dirasa sulit dikerjakan setelah Dave, gitaris, memutuskan rehat. Meski demikian produser Jacknife Lee, memproduksi album ini membuat seperti menghadirkan Dave. The Killers mengajak kolaborator, seperti Lindsey Buckingham (Fleetwood Mac), K.D. Lang, Weyes Blood, Adam Granduciel (War on Drugs). Sampai saat ini, the Killers masih menyelesaikan mixing album setelah jadwal perilisan diundur sampai waktu yang tidak dapat ditentukan.

Recent Posts