FOTISMINI 11/07/2020

Dried Cassava, band asal Jakarta yang dibentuk sejak 2005. Beranggotakan Baskoro Adhi Juwono (gitasi dan vokalis), Bana Drestanta (basis), Nandie Daniel Febryan (gitaris), Kago Mahardono (drummer). Mereka telah merilis 2 album Mind Thieves (2011) dan Sensitive Explosive (2014).

Mereka berempat ketemu di sekolah yang sama, SMA Pangudi Luhur, Jakarta. Berawal dari berdua, yaitu Baskoro dan Nandie, kemudian serius membentuk band setelah Kago dan Bana bergabung. Mereka berlatih denga lagu band Rage Against The Machine, Incubus sampai Radiohead. Sampai akhirnya mereka mengikuti kompetisi dan mulai mengerjakan lagu sendiri. Album Mind Thieves, berisikan kumpulan lagu-lagu yang sudah dikerjakan selama 5 tahun.

Merasa belum puas dengan album pertama, Dried Cassava mencoba memperbaiki di album kedua, Sensitive Explosive (2014). Seluruh lagu direkam secara langsung di Studio Rossi, Jakarta Selatan. Berkebalikan dengan album pertama, dimana setiap instrumen direkam secara terpisah. Dengan cara ini, Dried Cassava mengaku merasa lebih bebas. Album ini didukung oleh Achmar Firza Paloh (dari Sore), John Paul Patton (dari Kelompok Penerbang Roket), dan Rosa Serena.

Pada 2018, Dried Cassava merayakan 13 tahun kebersamaan dengan merilis single “Berlayar”, yang menurut mereka menyiratkan emosi dan energi perjalanan 13 tahun bersama. Kemudian dilanjutkan dengan single “Blueberry Man”, pada 2019, yang kembali bekerja sama dengan John Paul Patton (dari Kelompok Penerbang Roket) dan Saraswati Widya Hapsari yang turut mengisi vokal.

Dalam proses penggarapan single ‘”With You,” Dried Cassava dibantu oleh Dimas Martokoesoemo dan Wendy Arintyo dari Als Studio. Proses mixing dan  mastering diserahkan oleh Dried Cassava kepada Adhe Arrio dari Double Deer.

Recent Posts