BeyoncĂ© – Crazy In Love

Lagu nomor satu hari ini di tangga lagu Billboard Hot 100 pada 2003 adalah “Crazy in Love” dari BeyoncĂ© bersama Jay-Z. Dirilis dari album perdana Dangerously in Love (2003). Lirik lagunya menceritakan tentang obsesi romantis yang membuat seorang protagonis tidak seperti karakter aslinya

BeyoncĂ© dan Jay-Z menulis dan mengerjakan komposisi lagu bersama Rich Harrison dan Eugene Record. Lagu ini menggunakan sampel lagu “Are You My Woman (Tell Me So)” dari The Chi-Lite (1970).

“Crazy in Love” menjadi lagu nomor satu di Amerika Serikat dan Inggris Raya, juga Top 10 di banyak negara lainnya.

Oleh VH1 disebut sebagai lagu terbaik di dekade 2000an, Rolling Stone menempatkan lagu ini di 118 dari daftar 500 lagu terbaik sepanjang 2010, kemudian pada 2018 disebut sebagai lagu terbaik abad 21. Lagu ini memenangkan Grammy Awards tahun 2004 untuk kategori Best R&B Song dan Best Rap/Sung Collaboration.

Sejak 2003, lagu ini selalu dibawakan BeyoncĂ© di setiap pertunjukannya. Oleh American Society of Composers, Authors and Publishers (ASCAP) menyebut bahwa “Crazy in Love” sebagai lagu yang paling banyak dibawakan sepanjang 2004. Artis termasuk David Byrne (baca Bern) pernah membawakan lagu ini, juga di program televisi dan media lainnya. 

Recent Posts