FOTISMINI 17/07/2021

Manic Street Preachers adalah band rock alternatif yang dibentuk pada tahun 1986 di Blackwood, Wales, Inggris.
Bassist mereka ketika band ini masih bernama Betty Blue, Flicker (Miles Woodward) meninggalkan band pada awal 1988, kabarnya karena dia percaya bahwa sedang menjauh dari akar punk mereka. Kemudian tahun 1988 pula, bergabung seorang Richey Edwards sebagai penulis lirik dan gitaris.
Kini band yang sehari-hari dikenal sebagai “The Manics” ini beranggotakan para sepupu James Dean Bradfield (vokal utama, gitar), Sean Moore (drum, perkusi, soundscapes), dan Nicky Wire (bass). Sehari-hari, mereka dikenal sebagai “The Manics”

Tahukah Bujang Dare, mereka juga merintis Welsh Cool Cymru di tahun 1990-an. Welsh Cool Cymru adalah gerakan budaya Welsh yang berpusat di sekitar musik, film independen, dan upaya artistik lainnya oleh tokoh-tokoh muda Welsh sebelum dan selama tahun 2000. Gerakan ini disorot pada tahun 1999 ketika BBC mengumumkan tahun itu sebagai “tahun Cool Cymru”.

Hingga saat ini, The Manics telah memiliki 13 album studio, 3 album kompilasi, 4 album video, 52 video musik, 5 extended play, 41 single, 185 B-sides, dan beberapa penampilan sebagai kompilasi artis.
Single perdana The Manics, “Suicide Alley” mereka produksi dan rilis sendiri pada Agustus 1988. Secara musikal, lagu ini dipengaruhi oleh The Clash, The Skids, dan band-band punk rock akhir 70-an lainnya.
Tahukah Bujang Dare, MSP membawakan lagu ini secara live untuk pertama kalinya setelah 22 tahun dirilis, di konser BBC Radio 2 mereka pada 27 Januari 2011.

Album MSP yang paling sukses adalah Everything Must Go, yang menghabiskan 102 minggu di posisi 75 teratas. Everything Must Go adalah album studio ke-4 Manic Street Preachers, dirilis pada 20 Mei 1996, melalui Epic Records, diproduseri Mike Hedges dan merupakan rekaman pertama yang dirilis oleh band setelah hilangnya penulis lirik dan gitaris mereka, Richey Edwards. Edwards yang juga pemimpin Cool Cymru, menghilang pada 1 Februari 1995 hingga sekarang belum ditemukan dan telah dinyatakan meninggal oleh pengadilan Wales pada tahun 2008.
Album Everything Must Go dirilis pada puncak Britpop pada pertengahan 1990-an dan berhasil memulai debutnya dengan memuncak di nomor 2 di UK Albums Chart dan mendapatkan penghargaan British Album of the Year pada Brit Awards 1997. Album ini terjual lebih dari dua juta kopi di Eropa, Asia dan Australia.

Tahun 2021, Manic Street Preachers kembali dengan single baru ‘Orwellian’ yang dirilis pada Mei lalu sekaligus mengumumkan bahwa mereka akan merilis album studio ke-14 ‘The Ultra Vivid Lament’ pada 3 September 2021 bersamaan dengan tur Inggris mereka.
Album The Ultra Vivid Lament, direkam di studio Rockfield yang legendaris dan Door to the River HQ mereka sendiri dengan kolaborator lama Dave Eringa.
Album ini digambarkan oleh bassis Nicky Wire sebagai imajinasi The Clash yang memainkan lagu-lagu dari ABBA. Juga selain ABBA, ada Echo & The Bunnymen, REM era ‘Fables’, dan ‘Lodger’ karya David Bowie, yang menjadi inspirasi musik dalam album yang akan datang dari The Manics ini.

Recent Posts