FOTISMINI 06/02/2021

William “John Paul” Gallagher, seorang penyanyi dan penulis lagu Inggris, vokalis dari band Inggris Oasis dari tahun 1991 sampai 2009 dan Beady Eye dari tahun 2009 sampai 2014. Liam merilis debut album solonya sendiri pada tahun 2017. Dia merupakan salah satu figur paling dikenal dalam musik Inggris yang terkenal karena sikapnya yang blak-blakan, kasar, kegemarannya memakai parka, dan gaya menyanyinya yang khas.

Liam merilis debut album solonya, As You Were, pada 6 Oktober 2017. Album ini memuncaki UK Albums Chart dan menjadikannya debut album dengan penjualan tercepat kesembilan era 2010-an di Inggris Raya. ‘As You Were’ sukses terjual sebanyak 16 ribu keping di minggu pertama penjualannya. Sedangkan secara keseluruhan, album ini berhasil terjual sebanyak 103 ribu keping, dengan rincian 91 persen penjualan berasal dari album fisik dan unduhan digital. Sisanya, melalui streaming. ‘As You Were’ dalam format vinyl dinobatkan sebagai penjualan vinyl tercepat selama 20 tahun terakhir.

Liam Gallagher kembali bekerja sama dengan produser Greg Kurstin serta Andrew Wyatt di album kedua, “Why Me? Why Not.” yang dirilis pada 20 September 2019. Beberapa rekaman untuk album ini dilakukan di Abbey Road Studios di London. Album ini menampilkan putranya yang berusia 18 tahun, Gene, bermain bongo di lagu “One of Us”. Tidak seperti album pertamanya, semua lagu turut ditulis oleh Liam. Nama album “Why Me? Why Not.” berasal dari dua gambar vokalis The Beatles, John Lennon, milik Liam; gambar pertama berjudul “Why Me?” yang dibeli Liam dari pameran seni Lennon di Munich pada tahun 1997 dan gambar kedua berjudul “Why Not.” diberikan oleh Yoko Ono, Nyonya Lennon, kepada Liam.

Liam Gallagher mengatakan bahwa ‘All You’re Dreaming Of’ adalah musik klasik yang sempurna untuk sepanjang tahun ini. Liam berharap lagu ini membawa kembali cinta dan harapan yang sangat dibutuhkan saat pandemi di satu tahun terakhir. Lagu ini langsung meledak di pasaran dengan rekor penjualan vinyl single terlaris di 2020. Semua pendapatan bersih lagu yang berasal dari unduhan dan streaming akan didonasikan demi membantu Action for Children, sebuah badan amal anak-anak Inggris.

Recent Posts