Tim Gabungan BKSDA Kalbar Dan Jawa Tengah Berhasil Selamatkan Dua Orangutan

Tim gabungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Jawa Tengah dan BKSDA Kalimantan Barat berhasil menyelamatkan dua orangutan kalimantan di wilayah Jawa Tengah. 

Kedua orangutan dewasa berjenis kelamin jantan ini diselamatkan dari dua lokasi yang berbeda yakni dari lembaga konservasi tak berizin di salah satu taman wisata di Kabupaten Kendal dan dari kediaman pribadi warga di Semarang, Jawa Tengah.

Kedua orangutan jantan ini telah dievakuasi ke Pusat Penyelamatan International Animal Rescue atau IAR Indonesia di Sei Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, dengan menggunakan kapal penyeberangan melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. 

Sebelumnya, Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang telah memastikan kedua orangutan ini tidak membawa penyakit rabies dan TBC.

Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Indra Exploitasia menyampaikan bahwa kesejahteraan satwa merupakan hal penting dalam upaya konservasi. 

Untuk itu dalam proses konservasi baik in-situ maupun ex-situ, terselenggaranya kesejahteraan hewan perlu dijamin dan hal ini juga merupakan mandat undang-undang yang harus dilaksanakan oleh setiap pelaku usaha yang bergerak dibidang konservasi satwa

Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat, Sadtata Noor Adirahmanta menyampaikan evakuasi ini berhasil dilakukan atas kerjasama luar biasa dengan segala pihak.

Dia menyampaikan, untuk sementara Orang Utan tersebut ditempatkan di  Pusat Penyelamatan dan Konservasi Orangutan IAR Indonesia di Ketapang, Kalimantan Barat.

Recent Posts