Maria Nofaola, Psikolog yang senang dengan dunia Broadcasting!

Siapa sangka? Maria Nofaola atau yang akrab disapa Mbak Ola, seorang Psikolog sekaligus Guru Psikoyoga Terapi ternyata memiliki kesenangan tersendiri untuk terjun dalam dunia penyiaran radio loh! Yuk, kenal lebih dalam dengan Maria Nofaola.

Kenapa Mbak Olla tertarik memilih profesi sebagai seorang Psikolog?

“Awalnya saya tidak kenal profesi Psikolog. Alasan dasar saya memilih bidang kuliah Psikologi ialah saya ingin nantinya bekerja di tempat dimana ada interaksi dengan manusia dan ada nilai sosialnya dalam pekerjaan itu. Jadi saya bisa bekerja sambil bantu orang.”

Apa aja sih suka duka dalam menjalani profesi Psikolog?

“Sukanya itu bisa menambah kebahagiaan bila melihat klien tercerahkan, dapat insight, atau kembali sehat. Dukanya itu saat bertemu klien dengan tingkat sensitivitas tinggi, emosional, atau negative thinking. Mereka mudah tersinggung, kemudian mereka marah, memusuhi, ngeblok nomor WA, bahkan menyebarkan informasi negatif ke orang lain.”

Apa itu”Nope Center” dan kenapa Mbak Olla membangun “Nope Center”?

“NOPE CENTER adalah “NOfaola Psychological Empowerment Center“. Nope Center ini pusat layanan psikologi. Ada konseling, psikotes, terapi, dan pengembangan mental. Bisa untuk individual, sekolah, maupun perusahaan yang biasanya digunakan untuk seleksi karyawan, penempatan, dan pelatihan”.

“NOPE CENTER ini secara resmi memiliki izin usaha pada tahun 2020 ini. Dirintis sudah sejak 2010 dengan nama yang juga berubah-ubah. Mengapa? Alasan dasarnya karena saya memiliki banyak ide kreatif dan menurut saya semua itu perlu disalurkan supaya mental saya sehat. Saya merealisasikan ide-ide itu ke dalam layanan psikologi di layanan Nope Center. Nope Center ini menjadi sarana aktualisasi diri saya.”


“Saya memberikan konseling psikologi, terapi, hipnoterapi, psycho-yoga therapy, pelatihan ke sekolah dan perusahaan, memfasilitasi teman-teman untuk berkembang dan bekerja. Tujuan Nope Center sendiri adalah untuk pengembangan psikologis (mental dan karakter), mengembangan SDM di Kalimantan Barat.”

Maria Nofaola, Psikolog, Founder Nope Center & Yoga Teacher

Bagaimana awal mula Mbak Olla membangun “Nope Center”?

“Awal mulanya saya praktik seperti biasa, sedikit-sedikit, kemudian memberikan materi-materi psikologi ke berbagai tempat, mendesain program2 terapi baru seperti psycho-yoga therapy itu.
Kemudian mulai berkembang hingga dipercaya oleh beberapa industri dan organisasi untuk menjadi konsultan SDM nya. Perlahan-lahan usaha pribadi ini berkembang dan tahun ini namanya resmi menjadi NOPE CENTER.”

Menurut Mbak Olla, apa sih suka dukanya Mbak Olla selama ikut siaran di Radio Volare?

“Sukanya dapat menambah kemampual verbal untuk berbicara secara “live”. Jadi terbiasa menyusun kata-kata. Belajar berbicara seperti teman-teman penyiar radio. Dukanya tidak ada ya. Paling-paling ada rasa “berat dan lelah” ketika pulang praktik malam langsung siaran. Terasa energi agak drop.”

Oh iya, Mbak Olla juga sepertinya menyukai Yoga ya ? Apakah Yoga juga ada hubungannya dengan terapi psikologi ya mbak?

Dari penelitian-penelitian neurology ternyata yoga dapat menjadi terapi untuk masalah psikologi seperti depresi dan kecemasan. Oleh karena itu saya mendalami yoga yang khusus untuk terapi. Seperti apa program yoga untuk terapi, bagaimana teknisnya, dll. Akhirnya lahirlah program yang saya buat program PAX Psycho-Yoga Therapy itu.

Maria Nofaola saat terapi Psikologi-Yoga PAX

Nah untuk last question, Kita penasaran nih mbak, gimana sih cara Mbak Olla membagi waktu untuk bekerja-siaran- dan juga yoga?

Untuk jadwal sifatnya pasti, itu sudah tidak bisa diganggu gugat. Harus disiplin dengan jadwal. Misalnya jam kerja dari 7 pagi sampai 3 sore. Jadwal siaran Selasa jam 7 malam. Nah, waktu lainnya saya pakai untuk jadwal praktek dan yoga yang sifatnya fleksibel.
Program Pax psycho-yoga therapy juga sama. Bisa diset waktunya. Jadi saya memilih menjalankan pekerjaan yang waktunya relatif fleksibel.

Recent Posts