Kodam Tanjungpura siap bantu tangani COVID-19 serta pemulihan-ekonomi

Dilansir dari Antara Kalbar, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, pihaknya siap membantu pemerintah daerah dalam menangani COVID-19, dan mendukung pemulihan ekonomi dampak pandemi COVID-19 tersebut.

Salah satu bentuk dukungan itu adalah pendisiplinan protokol kesehatan di kalangan masyarakat, hal itu dimaksudkan dalam rangka mewujudkan masyarakat produktif dan aman dari COVID-19.

Dia menambahkan, TNI harus mendukung program tersebut, untuk itu agar segera para Komandan Satuan menginventarisir personel dan materiil yang ada di satuannya masing-masing.

Menurutnya, presiden dalam penegakan disiplin protokol kesehatan menginginkan TNI membangun komunikasi partisipatif, artinya ada partisipasi dari masyarakat agar secara sadar dan ikhlas beraktivitas dengan mentaati protokol kesehatan, sehingga menjadi kebiasaan.

Sementara itu, Asisten Operasi Kasdam 12 Tanjungpura Kolonel Infanteri Iwan Rosandriyanto, dalam paparannya menyampaikan dua hal terkait evaluasi dan draft penanganan COVID-19. Untuk evaluasi penanganan dan pendisiplinan protokol kesehatan dalam rangka mayarakat produktif dan aman COVID-19.

Sehingga, menurut dia, perlu dioptimalkan pemberdayaan para pakar dan akademisi, kemudian masih perlu pelibatan peran media dalam mensosialisasikan, terutama penggunaan masker, rajin cuci tangan menggunakan sabun dan juga upaya  menjaga jarak.

Recent Posts