#KANTORDUKUNGPEREMPUAN bentuk dukungan kesetaraan gender ditempat kerja oleh Magdalene.co

Dalam mendukung dan menyuarakan pentingnya menempatkan perempuan di posisi kepemimpinan untuk mendorong kesetaraan gender di tempat kerja, Magdalene.co, sebuah majalah daring yang berfokus pada isu perempuan, yang juga didukung oleh Investing in Women, mengadakan kompetisi video Instagram #KantorDukungPerempuan dalam rangka Women Lead Forum 2021 yaitu sebuah ajang untuk mendukung perempuan pekerja dan mendorong terciptanya kesetaraan gender di tempat kerja, yang digelar pada 7 dan 8 April 2021.

Acara ini juga mengundang pembicara kompeten dari berbagai sektor, seperti pemerintah, swasta, dan organisasi internasional. untuk mengadakan webinar dan membahas tentang diskriminasi struktural yang dihadapi perempuan di ruang profesional, cara dukung perempuan duduk di posisi pengambil keputusan, peran media dalam kesetaraan gender, serta dampakĀ partisipasi perempuan pada performa ekonomiĀ negara dan perusahaan, Selain itu juga diadakan kompetisi video #KantorDukungPerempuan. Kompetisi tersebut merupakan bagian dari inisiatif Women Lead yang menyorot cara kantor mendukung perempuan dengan kebijakan yang setara.

Radio Volare turut ikut serta dalam kompetisi video #KantorDukungPerempuan yang diwakili oleh Elisabet Tening dan meraih juara ketiga dalam lomba tersebut. Sementara para pemenang lainnya adalah Astridinar V. Elderia dari SOS Childrenā€™s Village Indonesia sebagai juara pertama. Sisilya Fujiya dari BTPN sebagai juara kedua dan pemenang pilihan pembaca adalah Dita Agustia dari The Body Shop Indonesia.

Kompetisi video #KantorDukungPerempuan ini sangat menarik karena kita dapat melihat bahwa sebenarnya sudah ada kantor atau perusahaan yang memiliki dan menjalankan kebijakan yang setara terhadap perempuan, dan kebijakan tersebut dihargai oleh para pekerja perempuan disana. Kebijakan tersebut biasanya berupa, cuti melahirkan selama tiga bulan dan hari pertama menstruasi, perlindungan dari aksi pelecehan seksual dengan sistem penanganan yang tegas, menjunjung kesetaraan agar perempuan mudah menduduki posisi strategis, jam kerja fleksibel, disediakan ruang istirahat untuk Ibu hamil dan menyusui, serta leluasa membawa anak saat kerja.

Menurut Pemimpin RedaksiĀ Magdalene, Devi Asmarani, Women Lead Forum 2021 ditujukan untuk menyatukan para pembuat kebijakan di pemerintahan, lembaga legislasi, maupun di perusahaan, untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka, agar ada pembelajaran dan tercipta sinergi yang kuat untuk mencapai kesetaraan gender di tempat kerja.

Recent Posts