Indonesia 10 29/11/2020

Kondisi ibu pertiwi seolah sedang merana. Banyak peristiwa penting yang berujung menyengsarakan masyarakat Indonesia. Mulai dari tingkah laku elite politik, kebijakan yang tak transparan, dan lainnya menjadi fakta yang kini harus dihadapi.

Melihat kondisi tersebut, The Brandals coba menyuarakan keresahan mereka dalam sebuah single terbaru berjudul “The Truth Is Coming Out”. Walaupun lirik ditulis sang vokalis Eka Annash dalam bahasa Inggris, tapi secara implisit menyorot tema tentang fakta-fakta sejarah yang banyak dikubur oleh para elite politik Indonesia.

“Bagaimana banyak nyawa dikorbankan, sejarah dimanipulasi dan fakta dibelokkan. Tapi kami yakin pada akhirnya kebenaran akan terungkap bagaimanapun juga,” ungkap Eka.

Di single ini, The Brandals menggandeng KONTRAS (Komisi Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) sebagai badan organisasi non-pemerintah yang bergerak menginvestigasi kasus-kasus penculikan aktivis politik dan kekerasan di Indonesia.

“Profil tersebut kami tampilkan di video klip sebagai pengingat kepada publik bahwa masih banyak kebenaran yang belum terungkap di Indonesia,” tambah Eka.

Single “The Truth Is Coming Out” merupakan bagian repertoire dari album penuh terbaru yang akan dirilis dalam waktu dekat ini. Single ini ditulis dan diproduksi oleh personel The Brandals, dengan aransemen gubahan gitaris Tony Dwi Setiaji yang mengubah tempo lagu menjadi lebih cepat dari versi aslinya.

Sedangkan proses mixing dan mastering, dipegang oleh Harmoko Aguswan (Moko) yang menjadi pemain kunci dalam pemolesan tata suara materi The Brandals di album berikut.

Sementara untuk proses kreasi video klip, The Brandals mempercayakan sutradara Catherine Delay untuk menginterpretasi tema lagu melalui visinya. Walaupun tergolong muda, tapi Catherine sudah mencapai sukses kritikal lewat karya videonya di antaranya adalah Rich Brian, Gabber Modus Operandi, hingga Ras Muhamad.

Recent Posts