FOTISMINI: Yeah Yeah Yeahs

Yeah Yeah Yeahs menjadi Fokus Artis Minggu Ini di Radio Volare, berkat lagunya, Burning yang jadi #1 pekan lalu di Volare Number One Sound.

Yeah Yeah Yeahs adalah sebuah band rock Amerika yang dibentuk di New York City pada tahun 2000. Mereka terdiri dari vokalis dan pianis Karen Lee Orzolek atau lebih dikenal dengan nama Karen O, gitaris dan keyboardis Nick Zinner, dan drummer Brian Chase. Saat manggung, mereka didukung oleh gitaris kedua, David Pajo, yang bergabung sebagai anggota tur pada tahun 2009 dan menggantikan Imaad Wasif.

Karen O dan Brian Chase pertama kali bertemu sebagai mahasiswa di Oberlin College di Ohio pada akhir 1990-an, di sana Chase adalah seorang mahasiswa jazz. Karen kemudian dipindahkan ke Universitas New York dan bertemu Zinner di bar lokal. Orzolek dan Zinner membentuk duo akustik bernama Unitard tetapi segera memutuskan untuk “shake things up a bit” dengan membentuk “trashy, punky, grimy” band yang meniru band mahasiswa seni, band avant-punk Karen O di Oberlin. Setelah drummer yang awalnya mereka rekrut mengundurkan diri, Chase bergabung dengan line-up.

Tahukah Bujang Dare, nama band Yeah Yeah Yeahs ini diambil dari bahasa daerah New York City. Saat ini, Yeah Yeah Yeahs telah merilis lima album studio, satu album kompilasi, empat album mini, 15 single, dua album video, dan 15 video musik. Yeah Yeah Yeahs merilis album mini debut self-titled mereka pada Juli 2001. Lalu diikuti oleh album mini lain setahun kemudian, berjudul Machine, yang menelurkan single berjudul sama dengan album yang memuncak di nomor 37 di UK Singles Chart.

Album studio debut band, Fever to Tell, dirilis pada 29 April 2003, mencapai nomor 55 di tangga lagu Billboard 200 AS dan nomor 13 di Tangga Album Inggris.
Mereka juga telah merilis satu album video pada 22 Agustus 2006, Tell Me What Rockers to Swallow, yang menampilkan cuplikan dari pertunjukan langsung dan semua video musik band hingga tahun 2004.
Album kedua Yeah Yeah Yeahs, Show Your Bones, dirilis pada 22 Maret 2006.

24 Juli 2007, Yeah Yeah Yeahs merilis album mini keempat mereka yang berjudul, Is Is.
Yeah Yeah Yeahs merilis album studio ketiga mereka, It’s Blitz!, pada 6 Maret 2009. Dilanjutkan dengan album studio keempat, Mosquito, dirilis pada 12 April 2013 dan menjadi album dengan posisi tertinggi mereka di AS hingga saat ini,, berhasil mencapai nomor lima di Billboard 200.

Cool It Down adalah album studio kelima oleh Yeah Yeah Yeahs, dirilis pada 30 September 2022, melalui Secretly Canadian. Perilisan ini menandai album pertama mereka sejak album Mosquito di tahun 2013 dan rilis pertama mereka melalui Secretly Canadian. Singel utama “Spitting Off the Edge of the World” yang menampilkan Perfume Genius dirilis pada 1 Juni 2022. Yeah Yeah Yeahs sudah memulai tur dunia mereka untuk mendukung album ini sejak Juni 2022.

Simak FOTISMINI secara live di Radio Volare setiap Sabtu, pukul 2 siang. Setel di 103.4 FM atau streaming di volarefm.com.

Untuk tahu lebih banyak lagu-lagu Yeah Yeah Yeahs, cek playlist berikut:

Recent Posts