FOTISMINI: Regina Spektor

Regina Ilyinichna Spektor atau lebih kita kenal sebagai Regina Spektor adalah penyanyi, penulis lagu, pianis dan produser musik Amerika Serikat kelahiran Uni Soviet. Regina mulai berlatih piano klasik pada usia 6 tahun. Saat berusia 9 tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat tepatnya ke kawasan Bronx. Di New York City, Regina berlatih piano klasik hingga usia 17 tahun bersama seorang profesor di Manhattan School of Music, Sonia Vargas. 

Regina tumbuh dengan mendengarkan musik klasik dan penyair Rusia terkenal seperti Vladimir Vysotsky dan Bulat Okudzhava. Ayah Regina yang memperdagangkan kaset di Uni Soviet, juga memperkenalkan Regina ke band rock and roll seperti The Beatles, Queen, dan the Moody Blues. 

Regina merilis album studio perdananya pada 9 Juli 2001. Disusul dengan perilisan album studio kedua, Songs, pada 25 Februari 2002. Keduanya Regina rilis sendiri dalam format CD. Pada 2004, Regina menandatangani kontrak dengan label rekaman Warner Brothers Sire Records untuk menerbitkan dan mendistribusikan album ketiganya yang berjudul Soviet Kitsch, yang awalnya dirilis sendiri pada 2003. Diawal karirnya, Regina sempat menjadi artis pembuka pada tur The Strokes, Kings of Leon, dan Keane.

Album studio ketiga Regina Spektor, Begin To Hope, rilis pada 13 Juni 2006, berhasil debut di nomor 70 di Billboard 200, dan berkat popularitas dari singel berjudul “Fidelity”, album ini naik ke puncak di nomor 20, dan bersertifikat Emas oleh RIAA. Spektor menerima perhatian yang meningkat saat videonya untuk “Fidelity” telah ditonton lebih dari 200.000 kali dalam dua hari di YouTube.

Diskografi Regina Spektor hingga saat ini telah terdiri dari tujuh album studio, empat album mini, satu album live, dan dua puluh single. Album studio kedelapan akan dirilis pada Juni 2022 akan datang dengan tajuk Home, Before and After dan diproduseri Regina bersama John Congleton. Single perdana dari album studio kedelapan ini adalah Becoming All Alone yang telah berhasil menghantarkan Regina menjadi artis sorotan Radio Volare selama sepekan ini.

Recent Posts