FOTISMINI: Red Hot Chili Peppers

Red Hot Chilli Peppers menuai sukses dengan single terbarunya, Black Summer, dan terpilih menjadi Fokus Artis Minggu Ini Radio Volare!

Red Hot Chili Peppers, band rock Amerika, dibentuk di Los Angeles pada tahun 1983. Musik mereka menggabungkan unsur rock alternatif, funk, punk rock dan psychedelic rock. Beranggotakan Anthony Kiedis pada vokal, Flea pada bass, Chad Smith pada drum, dan John Frusciante pada gitar.

Band mereka awalnya bernama Tony Flow and Miraculously Majestic Masters of Mayhem, dan mereka tampil pertama kali di klub Rhythm Lounge, ditonton sekitar 30 orang, sebagai band pembuka untuk Gary and Neighbor’s Voices. Terinspirasi oleh aksi punk funk seperti Contortions dan Defunkt, RHCP juga melakukan improvisasi musik sementara Kiedis nge-rap.

Dengan lebih dari 100 juta rekaman terjual di seluruh dunia, Red Hot Chili Peppers adalah salah satu band terlaris sepanjang masa. Mereka adalah band paling sukses dalam sejarah rock alternatif, dengan rekor untuk singel nomor satu terbanyak dengan 13 single, minggu kumulatif paling banyak di nomor satu dengan 85 minggu dan lagu yang paling banyak masuk sepuluh besar yaitu 25 lagu di tangga lagu Billboard Alternative Songs. RHCP juga telah memenangkan enam Grammy Awards, masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2012, dan pada tahun 2022 RHCP menerima bintang di Hollywood Walk of Fame.

“Black Summer” adalah single pertama dari album studio kedua belas RHCP yang akan rilis 1 April nanti berjudul Unlimited Love. Black Summer yang rilis 4 Februari 2022 lalu bersama label Warner, tercatat sebagai lagu pertama yang dirilis bersama John Frusciante sejak dia kembali ke band, menjadikan lagu ini yang pertama oleh RHCP bersama Frusciante dalam 16 tahun.
Kembalinya produser Rick Rubin juga disorot oleh Clash, majalah musik dan fashion Inggris, yang membandingkan single Black Summer dengan karya RHCP sebelumnya.

Recent Posts