FOTISMINI: Misterwives

MisterWives adalah band pop indie Amerika yang berbasis di New York City, yang terdiri dari penyanyi utama Mandy Lee (Amanda Lee Duffy), pemain perkusi Etienne Bowler, bassis William Hehir, gitaris Marc Campbell, dan pemain saksofon Mike Murphy. MisterWives pernah menjadi band pembuka dari penampilan band lain seperti Panic! at the Disco, Twenty One Pilots, Half Moon Run, Bleachers, The Mowgli’s, Walk the Moon, Foster the People, Paramore, American Authors, dan X Ambassadors.

MisterWives dibentuk pada akhir 2012 ketika penyanyi utama Mandy Lee menginginkan band cover lagu tahun 80-an untuk pesta ulang tahunnya. Lee pun bergabung dengan sesama musisi Etienne Bowler dan William Hehir. Lee bertemu Hehir melalui seorang teman, dan diperkenalkan ke Bowler beberapa waktu kemudian. Pada saat itu, keduanya sedang bekerja di restoran yang hanya berjarak satu blok di Manhattan. Akhirnya, band ini berkembang menjadi 5 anggota saat ini dengan membawa teman-teman Bowler, yaitu Blum dan Campbell yang ikut bergabung, serta satu orang lagi yang bukan teman Bowler, yaitu pemain saksofon Mike Murphy. Mereka pun memainkan pertunjukan pertama mereka sebagai ‘MisterWives’ pada 1 Februari 2013 di Canal Room, New York City.

Sehari setelah bermain di Canal Room, MisterWives menandatangani kontrak dengan Photo Finish Records. Mereka akan menghabiskan sebagian besar tahun itu untuk tur dan membuat album mini perdana. MisterWives memulai tur dengan Half Moon Run pada Oktober 2013 yang diakhiri dengan penampilan di CMJ Music Marathon. Tur ini segera diikuti oleh tur enam minggu dengan American Authors dan The Royal Concept. Sementara itu, MisterWives tetap menyiapkan lagu untuk album mini debut mereka bertajuk Reflections, yang kemudian dirilis pada 7 Januari 2014.

Reflections, album mini debut oleh MisterWives, dirilis secara digital pada 7 Januari 2014 melalui Photo Finish Records dan berhasil memuncak di posisi #84 Billboard 200. Semua lagu pada album mini ini kecuali “Twisted Tongue” dan “Kings and Queens” juga muncul di album studio perdana MisterWives, yang bertajuk Our Own House.

Dua single dirilis dari album mini perdana Reflections ini yaitu “Reflections” dan “Vagabond”. “Reflections” adalah single dengan charting tertinggi dari album, memuncak pada posisi #13 di Billboard rock chart pada tahun 2014.

Our Own House, album studio debut oleh MisterWives, band pop indie Amerika yang dirilis pada 24 Februari 2015 melalui Photo Finish Records, diproduseri oleh Bryan Fryzel atau lebih dikenal dengan nama Frequency, seorang musisi dan produser musik dari Rockville Centre, New York.
Pengumuman rilis album Our Own House ketika itu bertepatan dengan pengumuman tur 2015 dengan nama yang sama. Misterwives juga tampil di Boston Calling Music Festival edisi 2015, serta banyak festival musik besar lainnya termasuk Lollapalooza, Outside Lands, Hangout Fest, LouFest, dan Austin City Limits. MisterWives kemudian memulai “Scrapbook Tour” mereka, dengan pujian dari para kritikus musik, dengan satu kritikus menyebut mereka sebagai “band live terbaik di Amerika”.

Pada Juli 2015, album Our Own House ini telah mencapai No. 31 di Billboard 200.
Pada 14 Februari 2017, MisterWives mengumumkan melalui Facebook bahwa single baru mereka, “Machine”, dari album kedua mereka, akan tersedia pada 17 Februari 2017.
Pada 24 Februari, MisterWives mengumumkan lagi melalui Twitter mereka bahwa album berjudul Connect the Dots, akan dirilis pada 19 Mei 2017. Album studio kedua MisterWives ini dirilis melalui Photo Finish dan Republic Records, diproduksi oleh Butch Walker dan Etienne Bowler.
Dari 24 Februari hingga 15 April 2017, MisterWives melakukan tur dengan Panic! At The Disco pada Tur “Death of a Bachelor”.
Pada tanggal 30 Juli 2019, MisterWives memposting video untuk single mereka berjudul “whywhywhy” yang menjadi rilisan pertama mereka setelah menandatangani kontrak dengan label Fueled By Ramen. MisterWives pun mengumumkan “No Place Like Home Tour” mereka yang dimulai pada November 2019. Pada 8 November 2019, MisterWives kembali merilis album mini berjudul Mini Bloom, yang berisi 5 lagu baru.
Pada 20 Mei 2020, empat single dirilis lebih dulu sebelum album studio ketiga MisterWives dirilis: “Rock Bottom”, “Superbloom”, “Decide to Be Happy” dan “3 Small Words”. Barulah pada 24 Juli 2020 melalui Fueled by Ramen, dirilis Superbloom, album studio ketiga MisterWives. Album ini tidak masuk chart Billboard 200, tetapi mencapai posisi #78 di chart Billboard Album Sales dan posisi #48 di chart Current Album Sales.

MisterWives membawa kabar sedih dan gembira sekaligus. Kabar sedihnya adalah hengkangnya Jesse Blum dari MisterWives pada 31 Agustus 2021. Kabar gembiranya, Stepped on a Bee, single pertama MisterWives dirilis secara independen, dari label mereka sendiri, Resilient Little Records, pada 17 Desember 2021 lalu. Pada single ini, MisterWives menangkap perasaan sedih dan tulus dari seorang teman yang pergi, bersama dengan kesulitan yang kerap dihadapi ketika mengejar impian. Jika “Stepped On A Bee” adalah pertanda akan datangnya karya-karya terbaru dari MisterWives dan Resilient Little Records, kita 100% setuju ya!

Recent Posts