FOTISMINI: Fontaines D.C.

Fontaines D.C. terpilih menjadi band sorotan Radio Volare sepekan ini setelah singlenya I Love You berhasil memuncaki Volare #1 Sound edisi pekan lalu.

Fontaines D.C. adalah band post-punk Irlandia yang dibentuk di Dublin pada tahun 2017, beranggotakan Grian Chatten (vokal), Carlos O’Connell (gitar), Conor Curley (gitar), Conor Deegan III (bass), dan Tom Coll (drum).
Mereka bertemu saat ambil kuliah musik di The British and Irish Modern Music (BIMM) Institute di The Liberties, Dublin. Mereka berlima punya kecintaan yang sama pada puisi dan secara kolektif telah merilis dua koleksi puisi, Vroom dan Winding. Tak satu pun dari puisi yang diterbitkan diterjemahkan ke dalam lagu, tetapi lagu “Television Screens”, pada album studio debut mereka, Dogrel, dimulai sebagai puisi dan diubah menjadi sebuah lagu.

Dogrel adalah album studio debut Fontaines D.C. Diproduseri oleh Dan Carey, seorang produser dan penulis lagu Inggris. Album yang dirilis melalui Partisan Records pada 12 April 2019 dalam format kaset, CD, unduhan digital, dan vinil. Album ini dinominasikan untuk Album of The Year di Choice Music Prize dan Mercury Prize pada 2019. 

A Hero’s Death adalah album studio kedua Fontaines D.C. Album ini dirilis pada 31 Juli 2020 melalui Partisan Records, kurang dari 18 bulan setelah perilisan album debut mereka, Dogrel. Album ini mendapat pujian kritis pada saat dirilis dan terdengar penggabungan lebih banyak aspek seperti mimpi dan psikedelik yang terinspirasi dari The Beach Boys, salah satunya. A Hero’s Death ini menerima nominasi untuk Best Rock Album di Grammy Awards 2021, International Group di Brit Award dan Album of the Year at the 2021 Brit Awards serta 2020 Choice Music Prize.

Single I Love You masuk dalam album studio ke-4 Fontaines D.C. berjudul Skinty Fia yang akan rilis pada 22 April 2022 masih bersama Partisan Records. ‘I Love You’ ini digambarkan oleh sang vokalis, Grian Chatten, sebagai “lagu politik pertama yang mereka tulis”.

Recent Posts