FOTISMINI: Barasuara

Barasuara menjadi Fokus Artis Minggu Ini di Radio Volare, berkat lagunya, Fatalis yang jadi #1 pekan lalu di Volare Number One Sound.

Barasuara, grup band asal Jakarta, dengan personil Iga Massardi (vokal/gitar), TJ Kusuma (gitar), Gerald Situmorang (bass), Marco Steffiano (drum), Asteriska Widianti (vokal), dan Puti Chitara (vokal) yang berkiprah di dunia musik Indonesia sejak tahun 2012. Mereka terkenal dengan penampilan live nya yang memukau dan enerjik, dan telah tampil di berbagai acara dan Festival Musik Indonesia.

Barasuara merilis album perdana mereka berjudul Taifun pada tahun 2015 yang dinobatkan sebagai salah satu dari 10 album indie terbaik 2015. Awalnya Iga Massardi ingin membuat sebuah proyek solo untuk lagu-lagu ciptaannya sendiri. Namun, kemudian Iga malah lebih tertarik mengerjakan proyek ini bersama dalam format band. Iga lalu mengajak TJ Kusuma, Marco dan Asteriska.

Pada awalnya, Pandu Fuzztoni (gitaris grup Morfem) bermain bass untuk Barasuara, tetapi karena jadwalnya yang padat lalu digantikan oleh Gerald Situmorang, yang awalnya diajak oleh Pandu. Setelah tampil perdana di kafe milik Iga, Kafe TokoVe di kawasan Kemang, Jakarta, Puti Chitara juga masuk dalam line-up Barasuara. 

Album kedua Barasuara, Pikiran dan Perjalanan, dirilis pada 8 Maret 2019. Memakan waktu selama 3,5 tahun, Pikiran dan Perjalanan telah ditulis sejak tahun 2016. Dengan rentang waktu yang cukup jauh dari album pertama mereka, Pikiran dan Perjalanan menjadi sebuah dokumentasi perjalanan musik Barasuara sejak tahun 2015.

Sukses di album perdananya yang bertajuk Taifun, Barasuara dianggap gagal di album keduanya Pikiran dan Perjalanan. Iga Massardi dkk. berusaha menjawab kekecewaan publik di album kedua lalu, lewat single terbaru mereka yang berjudul ‘Fatalis’, lagu ini akan menjadi bagian dari album ketiga Barasuara yang akan dirilis nanti. Seperti ekspektasi para Penunggang Badai (fans Barasuara), Barasuara kembali menghadirkan hentakan musik kencang pada single Fatalis ini, yang menurut Iga; “Banyak marahnya, banyak sedihnya, banyak nahannya, banyak lepasnya.”
Kita nantikan album ketiga mereka ya Bujang Dare.

Simak FOTISMINI secara live di Radio Volare setiap Sabtu, pukul 2 siang. Setel di 103.4 FM atau streaming di volarefm.com.

Untuk tahu lebih banyak lagu-lagu Barasuara, cek playlist berikut:

Recent Posts