FOTISMINI 26/06/2021

Villagers adalah proyek indie folk Irlandia dari Dublin, dibentuk pada tahun 2008 oleh Conor J. O’Brien, saat ini beranggotakan Conor O’Brien pada vokal dan gitar, Danny Snow pada bass, Cormac Curran pada keyboard, Gwion Llewelyn pada drum dan terompet, dan Mali Llywelyn pada harpa.

Conor O’Brien membentuk Villagers setelah band dia sebelumnya bubar, sebuah band rock Irlandia, The Immediate. Keesokan harinya, O’Brien menulis lagu pertamanya setelah bangun dengan kondisi mabuk. Waktu O’Brien sebagai gitaris di band Cathy Davey, penyanyi dan penulis lagu Irlandia, menjadi momen pengembangan gayanya karena dia belum pernah tampil bersama siapa pun selain The Immediate. V tampil pertama kali sebagai artis pendukung untuk The Chapters di sebuah pertunjukan di Whelan pada November 2008. Debut single Villagers adalah “On a Sunlit Stage” dan dirilis pada Oktober 2009.

Becoming a Jackal, album studio perdana Villagers, rilis 24 Mei 2010 bersama Domino Records dengan Produser Conor O’Brien sendiri. Album ini masuk nominasi Mercury Prize. Album ini juga menerima ulasan positif dan memegang skor Metacritic 78 dari 100, berdasarkan 16 ulasan.

Awayland} adalah album studio kedua Villagers, dirilis pada 11 Januari 2013 di Domino Records. Diproduseri oleh anggota band sendiri yaitu Conor O’Brien dan Tommy McLaughlin, album ini didahului oleh singel, “Nothing Arrived”. Seperti pendahulunya, album Becoming a Jackal, album Awayland telah dinominasikan untuk Mercury Prize. Selama proses dan penulisan untuk album {Awayland} ini, Conor O’Brien, penulis utama lagu di album ini, mengaku dipengaruhi oleh Radiohead, Aphex Twin, Tricky dan Björk.

Darling Arithmetic adalah album studio ketiga Villagers, dirilis pada 10 April 2015 melalui Domino Records diproduseri Connor O’Brien. Album ini mencapai nomor satu di tangga album Irlandia pada minggu pertama rilisnya, nomor 27 di tangga lagu Inggris dan memenangkan Best Album Award di Ivor Novello Awards 2016. Album ini ditulis, direkam, diproduksi dan dicampur oleh Conor O’Brien di rumahnya di Malahide, Dublin.

The Art of Pretending to Swim adalah album studio keempat dari band Irlandia Villagers. Album ini dirilis pada 21 September 2018 di bawah Domino Recording Company.

Album studio ke-5 Villagers berjudul Fever Dreams akan dirilis pada 20 Agustus 2021 yang akan datang. Sebagai pembuka, Villagers merilis terlebih dulu salah satu lagu didalamnya, The First Day, pada April 2021 lalu. Lagu ini terinspirasi oleh perjalanan ke festival Another Love Story yang terkenal di daerah County Meath, Irlandia.TUTUP

Recent Posts