FOTISMINI 24/07/2021

Jake Bugg / Jake Edwin Charles Kennedy (28 Februari 1994; berumur 27 tahun sekarang) seorang musisi, penyanyi, dan penulis lagu asal Inggris. Bugg dibesarkan di Clifton Council Estate di Nottingham dan mulai bermain gitar pada usia 12 tahun setelah diperkenalkan dengan instrumen oleh pamannya, Mark. Momen musikal yang membekas bagi Bugg adalah mendengarkan “Vincent (Starry, Starry Night)” milik Don McLean di sebuah episode The Simpsons. Bugg terdaftar di kursus teknologi musik, tetapi pada usia 16 tahun Bugg keluar dari kursus, lalu menulis dan membawakan lagunya sendiri yang dipengaruhi oleh musik Bob Dylan, Don McLean, Donovan, The Beatles, Oasis, Jimi Hendrix, Johnny Cash, Neil Young, dan Nick Drake.

Karir musik Bugg dimulai dengan dirinya terpilih untuk tampil di panggung “BBC Introducing” di Festival Glastonbury 2011 pada usia 16 tahun setelah mengirimkan materi ke situs web mereka, dan kemudian menandatangani kontrak dengan Mercury Records. Lagu-lagu Bugg kemudian ditempatkan di berbagai playlist Radio BBC, dengan “Country Song” digunakan dalam iklan bir TV nasional di Inggris.

Jake Bugg adalah album studio perdana self-titled dari Jake Bugg. Album ini dirilis pada 15 Oktober 2012 di Inggris dan pada 9 April 2013 di Amerika Serikat. Dirilis melalui label Mercury Record untuk Inggris dan Island Record untuk Amerika Serikat. Diproduseri oleh Iain Archer, Mike Crossey, Matt Prime, Crispin Hunt, Jason Hart, dan Jake Bugg sendiri.
Pada 21 Oktober 2012, album studio perdana Jake Bugg debut di nomor satu di UK Albums Chart. Album self-titled ini dinominasikan untuk Mercury Prize 2013. Album ini juga berhasil masuk chart di Irlandia, Belgia, Belanda dan Swiss.

Shangri La adalah album studio kedua Jake Bugg. Diproduksi oleh Rick Rubin dan dinamai Shangri La, sama seperti nama studio milik Rubin di Malibu, California, tempat rekaman album ini pada musim panas 2013. Album Shangri La ini dirilis pada 18 November 2013 gagal mencapai kesuksesan komersil.

On My One adalah album studio ketiga Jake Bugg, dirilis pada 17 Juni 2016 melalui Virgin EMI Records dan Island Records khusus untuk Amerika Serikat. Menurut Bugg, album On My One ini bernuansa lebih dark dibandingkan 2 album studio sebelumnya. Bugg juga menegaskan dia memproduksi sebagian besar album On My One ini sendiri. Produser Irlandia, Jacknife Lee, bergabung dengan Bugg untuk tiga lagu saja dari 11 lagu yang ada di dalamnya.

Hearts That Strain adalah album studio keempat Jake Bugg, dirilis pada 1 September 2017, melalui Virgin EMI dan diproduseri oleh Dan Auerbach bersama Jake Bugg.
Bugg bilang kalau album Hearts That Strain ini bisa membawa pendengarnya ke dunia mereka sendiri.
2 Agustus 2017, single perdana dari album ke-4 ini, “How Soon the Dawn”, diputar di BBC Radio 1 yang dipandu oleh Annie Mac.

Pada 19 Maret 2021, diumumkan bahwa Jake Bugg akan merilis album kelimanya, Saturday Night, Sunday Morning pada Agustus 2021. Album ini menjadi album pertamanya di bawah label baru, Sony RCA, yang diharapkan akan disertai dengan tur Inggris dan Irlandia di Musim Semi 2022 nanti.
Bugg merilis single Lost pada Mei 2021 dan mengatakan bahwa single Lost ini terinspirasi oleh semua orang yang merasa kehilangan dan berpisah dari orang yang dicintai selama pandemi. Matahari terbit, musim panas akan datang, dan seperti lagu inilah nadanya.

Recent Posts