FOTISMINI 23/01/2021

Biig Piig telah muncul sebagai salah satu pendatang baru yang paling banyak dibicarakan di tahun 2020. Biig Piig adalah nama panggung dari Jessica Smyth, penyanyi-penulis lagu alternatif dan multibahasa dari Irlandia, yang dibesarkan di Spanyol, dan tinggal di London. Nama Biig Piig ia ambil dari menu pizza karena “tidak memberi tekanan pada saya untuk menjadi cara tertentu – saya bisa menjadi berantakan, dan saya juga bisa menjadi lucu dan dipadukan”.

Biig Piig atau Jess Smyth, menampilkan vokal halus dan melodi lembut di atas irama hip-hop. Musik Smyth telah menarik banyak perhatian sejak kemunculannya pada tahun 2017. Ia lahir di Cork, Spanyol dan menghabiskan masa kecilnya antara Spanyol dan Irlandia, sebelum berakhir di London barat, tempat ia awalnya bekerja sebagai dealer poker larut malam.

Setelah Smyth pindah ke London, dia menjadi anggota Nine8, sebuah kolektif kolaboratif seniman DIY termasuk Lava La Rue. Sejak itu, Biig Piig telah merilis lagu-lagu dengan melodi yang bernuansa jiwa dan lembut serta vokal halus di atas ketukan hip-hop yang lembut, menjalin pemikiran introspektif tentang pelarian, romansa, pekerjaan, dan persahabatan sambil beralih dengan lancar antara bahasa Inggris dan Spanyol.

Rilisan pertama Biig Piig untuk label rekaman Amerika, RCA Records, adalah single Sunny di tahun 2019. Diproduseri oleh Zach Nahome, Smyth menyanyikan lagu tentang cinta dan bagaimana rasanya pasrah pada cinta itu.

Biig Piig telah merilis 3 mini album yang penuh dengan keterusterangan anak muda yang diberi judul seperti Big Fan of the Sesh, Vol 1 (2018), A World Without Snooze (2018), Vol 2 dan No Place For Patience, Vol 3 (2019) disertai single-single sejak tahun 2016. Mini album ketiga Biig Piig, No Place For Patience, Vol 3 (2019), melengkapi trilogi rilisan album Biig Piig. Dengar-dengar, Biig Piig sedang mengerjakan album perdananya lhooo.. Kita nantikan yaaa…

Recent Posts