FOTISMINI 19/06/2021

Fokus Artis Minggu Ini Radio Volare pekan ini. Ashe menempati posisi pertama di Volare #1 Sound edisi 13 Juni lalu, pada pekan ke-10 single I’m Fine berada di sana.

Ashlyn Rae Willson, lebih dikenal sebagai Ashe, adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Amerika kelahiran San Jose, California. Ashe belajar piano dan vokal sejak usia 8 tahun. Ashe mengaku bahwa dia tumbuh hanya mendengarkan radio Kristen. Ia sangat berterima kasih kepada kakeknya karena sudah memperkenalkannya pada musik dari nama-nama seperti Bob Dylan, The Beatles dan Jefferson Airplane. Ashe kemudian kuliah di Berklee College of Music dan lulus dari jurusan penulisan dan produksi kontemporer pada tahun 2015.

Ashe memulai menyanyikan lagu-lagu demonya setelah pindah ke Nashville. Pertama kali, ia berhasil menarik perhatian seorang produser deep house Swedia Ben Phipps, yang memintanya untuk menyanyikan lagunya “Sleep Alone” pada tahun 2015. Dari sinilah karir Ashe di dunia musik dimulai.
Setelah menandatangani kontrak dengan label independen Mom + Pop, ia merilis single debutnya “Used to It” pada Juni 2017 dan “Girl Who Cried Wolf” pada November 2017. “Used to It” berhasil mencapai No. 1 di tangga lagu the Global Spotify Viral 50 chart. Ashe ditempatkan bersama Billie Eilish dan Lewis Capaldi dalam Vevo’s list of Artists to Watch 2018.
Pada saat Ashe merilis album mini perdana berjudul The Rabbit Hole pada Juni 2018, dia telah mencatat lebih dari 200 juta pemutaran streaming dan sembilan lagu No. 1 di Hype Machine.

5 April 2019, Ashe merilis album mini kedua berisikan empat lagu, berjudul Moral of the Story: Chapter 1, yang seluruhnya diproduksi oleh Finneas O’Connell. Finneas juga memproduksi tiga dari empat lagu di album mini sekuelnya, Moral of the Story: Chapter 2 yang dirilis 9 Agustus 2019.
Februari 2020, single “Moral of the Story” menjadi soundtrack film komedi romantis Netflix, To All the Boys: P.S. I Still Love You yang membuat lagu ini mencapai nomor 2 di Global and US Spotify Viral 50 chart. Ashe juga membuat debutnya di Billboard Hot 100 dengan “Moral of the Story” dan Billboard 200 dengan Moral of the Story: Chapter 1.
Juni 2020, single “Moral of the Story” versi duet bersama Niall Horan telah digunakan di lebih dari 900an ribu video di platform online TikTok. Hingga Juni pekan kedua 2021 ini, kolaborasi Ashe dengan Niall Horan telah mencapai lebih dari 91 juta streaming di Spotify.

Ashlyn adalah album studio perdana dari Ashe. Album ini dirilis oleh Mom + Pop Music pada 7 Mei 2021. Isi album ini berpusat pada pengalaman Ashe dengan perceraian, pelecehan emosional, dan kesedihan, termasuk kematian saudara laki-lakinya karena overdosis, pada September 2020. Bernuansa utama pop, dengan pengaruh musik dari tahun 70-an, termasuk artis seperti Carole King, Elton John dan Neil Young, sebagai referensi musik terbesar Ashe. I’m Fine menjadi single ke-4 yang dirilis pada 8 April 2021 lalu.

Recent Posts