FOTISMINI 03/01/2021

Sheryl Sheinafia, pertama kali belajar piano, alat musik pertamanya, dari umur 5 tahun hingga 11 tahun. Sheryl lalu tertarik untuk belajar gitar karena melihat penjaga lingkungan sekitar rumah sering memainkan gitar. Belajar otodidak lewat YouTube, Sheryl belajar teknik bermain gitar dari penyanyi internasional maupun nasional dan sangat terinspirasi dengan teknik permainan gitar John Mayer. Karena kemampuannya bermain gitar dan menciptakan lagu, Musica Studios pun lalu mengontraknya ketika dia berumur 15 tahun. Sheryl pun kemudian merilis single pertamanya “Demi Aku” pada 2012 yang diciptakannya dan diaransemen oleh Irwan Simanjuntak.

Februari 2013, Sheryl merilis singel kedua berjudul “Rasa Sunyi” yang juga ciptaannya dan dirilis Februari 2013. Aransemen lagu “Rasa Sunyi”, Sheryl dibantu oleh David Kurnia Albert yang ketika itu masih menjadi personil grup musik Noah. Pertengahan tahun 2013, Sheryl meluncurkan album pertamanya berjudul sama dengan namanya.

Tahun 2015, Sheryl kembali merilis single non-album berjudul “Kutunggu Kau Putus” yang dinyanyikan bersama Ariel NOAH. Tahun 2016, Sheryl merilis single barunya berjudul “Kedua Kalinya” yang menjadi original soundtrack dari film layar lebar Koala Kumal garapan Raditya Dika.

Pertengahan 2017, Sheryl merilis album “ii” (baca: kedua kalinya). Desember 2017, Sheryl merilis single Sweet Talk yang dinyanyikan bersama Rizky Febian dan Chandra Liaw. Sweet Talk menjadi lagu pertama dalam bahasa Inggris yang diciptakan sendiri oleh Sheryl, meraih penghargaan AMI Award 2018 untuk Karya Produksi Kolaborasi Terbaik dan menjadi rilisan tersuksesnya hingga saat ini

Pada tahun 2018, Sheryl merilis beberapa single seperti “Fix You Up”, “I Don’t Mind”, “Dream High”, dan “Bright As The Sun” yang juga merupakan lagu resmi dari Pesta Olahraga Asia 2018. Untuk single I Don’t Mind, Sheryl berkolaborasi dengan Vidi Aldiano dan Jevin Julian, berhasil meraih AMI Award 2019 untuk Duo/Grup Kolaborasi Urban Terbaik.

Maret 2019, Sheryl kembali merilis singel terbarunya yang berjudul “Setia”. “Setia” merupakan lagu remake dari Chrisye yang diciptakan oleh Guruh Soekarnoputra. Berkonsep setia dengan budayanya, Sheryl memasukan berbagai ornamen yang mewakili dirinya dalam video musik “Setia”. Menjelang penghujung tahun 2019, Sheryl kembali merilis single terbaru “Positif” remake dari lagu legendaris band Naif berjudul “Posessif”.

Mengantar album ke-3 yang akan dirilis tahun 2021 berjudul “Jennovine” yang diambil dari nama gitar pertamanya, Sheryl merilis 5 single lagu: “okay”, “bye”, “i wish i knew better”, “deja vu” dan “lose my mind” pada tahun 2020 lalu. Kita nantikan karya-karya Sheryl yang kabarnya akan lebih jujur dan terbuka kepada pendengarnya di album terbarunya nanti.

Recent Posts