Dekranasda Pontianak Gelar Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang Secara Daring

Dekranasda Kota Pontianak menggelar Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang yang akan dilaksanakan mulai tanggal 11 Agustus hingga 13 Oktober 2020 secara daring.

Ketua Dekranasda Kota Pontianak Yanieta Arbiastutie mengatakan, tema yang diusung dalam lomba ini adalah “Corak Insangku, Ini Jati Diriku”.

Melalui lomba ini, pihaknya ingin memperkenalkan corak insang khas Pontianak agar dikenal secara luas, tidak hanya di Indonesia tetapi juga mendunia.

Untuk memenuhi protokol kesehatan di kehidupan normal baru, mulai dari pendaftaran, interview, serta mentoring akan dilakukan secara daring. Sedangkan technical meeting akan menggunakan aplikasi zoom.

Menurutnya, meskipun di era new normal ada keterbatasan gerak, namun ide untuk berkreasi dan berinovasi tidak ada batasnya.

Ada dua kategori lomba yakni Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang Asli dan Kreasi.

Untuk kategori kreasi, para peserta diminta membuat desain motif corak insang dengan mengkreasikan ornamen-ornamen khas Kota Pontianak.

Ia berharap melalui lomba ini mampu mencetak perancang-perancang yang inovatif dan kreatif. Selain itu juga membuka wawasan bahwa motif tenun corak insang bisa menjadi alternatif dalam berkreasi di bidang fashion. Sehingga dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di era new normal. 

Recent Posts